Festival Talas Bogor Pecahkan Rekor Muri

by -

METROPOLITAN – Saat peringatan Hari Pangan Sed­unia (HPS) ke-37 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupa­ten Bogor, Talas Bogor berha­sil memecahkan rekor Mu­seum Rekor Indonesia (Muri) dengan membuat 237 jenis makanan.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengatakan, tak hanya peringatan HPS, Ka­bupaten Bogor juga berhasil memecahkan rekor Muri dengan membuat 237 jenis makanan berbahan talas. Kegiatan terse­but merupakan salah satu ben­tuk festival makanan. “Tentunya ini menjadi kebanggaan ter­sendiri karena talas bisa diolah menjadi 237 makan dengan rasa yang enak,” ujarnya.

Aher berharap talas dapat menjadi sebuah makanan yang dibuat dalam beberapa jenis seperti halnya labu di Jepang dan bisa didistribusikan. Namun karena pengolahannya belum menyeluruh, ia men­gatakan talas dapat dikembang­kan menjadi makanan alter­natif khas Bogor di kemudian hari.

Baca Juga  IJTI Bersama DKM Masjid Jami Al-Muhajirin Gelar Donor Darah

“Seperti ini kan dijadikan momentum membuat olahan baru. Kita pilih yang bagus, kemudian dikembangkan menjadi makanan alternatif atau kuliner alternatif di Bogor dan sekitarnya.” bebernya.

Sementara itu, Bupati Bogor Nurhayanti mengaku bersyukur talas asal Bogor masuk rekor Muri dengan 237 macam aneka makanan. Ini membuktikan bahwa lahan di Kabupaten Bo­gor subur dan iklimnya bagus. “Yang menjadi pelopornya rekor Muri dari Tim PKK Kabupaten dan kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bogor,” pungkasnya.

(ads/b/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *