Ganda Putra Indonesia Juara China Terbuka 2017

by -

METROPOLITAN – Gan­da Putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo-Marcus Fernaldi Gideon, sukses mengalahkan pasangan Denmark, Mathias Boe/Carsten Mogensen, di laga Final China Open Super Series Pre­mier 2017, Minggu (19/11) siang waktu Indonesia. Kevin/Marcus menang dengan skor meyakinkan, 21-19 dan 21-11.

Kemenangan di Haixia Olym­pic Sports Center, Fuzhou, ini memastikan Kevin/Marcus berhasil mempertahankan ge­lar juara China Open Super Series Premier. Pasangan ini sekaligus membukukan gelar juara kelimanya di 2017.

Sekali pun mendominasi per­mainan, Kevin/Marcus sempat tertinggal dari Boe/Mogensen pada pertengahan gim pertama dengan skor 10-11. Namun, kemudian mereka membalikkan keadaan. Sementara pada gim kedua, Kevin/Marcus mengua­sai permainan dan menekuk Boe/Mogensen dengan skor telak 21-11.

Baca Juga  Liliyana Melawan Usia!

“Game pertama cukup ketat tapi kami berusaha untuk tetap fokus. Perolehan poin juga cukup dekat sampai 20-19, tapi kami masih bisa mengatasi hal terse­but. Di game kedua sepertinya lawan tampil tertekan sehingga mudah bagi kami untuk men­gatasinya dan terus menekan mereka. Mereka juga sepertinya emosi karena mereka mainnya nggak enak dan banyak mati sendiri,” kata Marcus.

Marcus mengaku selama ini bersama Kevin terus mempela­jari permainan lawannya itu. Dia juga mengakui Boe/Mogensen adalah lawan tangguh. ”Kami berlatih lebih keras dan ada pe­ningkatan dibanding pertemuan sebelumnya. Kami juga melihat apa yang kurang dari penampilan kami, mengapa kami kalah sebe­lumnya,” ujar Marcus.

Hasil ini mengulangi keme­nangan Kevin/Marcus atas Boe/Mogensen di partai puncak China Open tahun lalu yang berakhir 21-18 dan 22-20. Di babak Semifinal Japan Open 2017 pada September, pasangan Indonesia tersebut juga men­galahkan Boe/Mogensen dengan skor 21-15 dan 21-14.

Baca Juga  Pebulutangkis Muda SMP Tunas Bangsa

Dua pasangan ini memang sudah sering berhadapan. Ke­menangan hari ini memper­baiki ketertinggalan Kevin/Marcus dalam rekor pertemuan­nya dengan Boe/Mogensen menjadi 3-4.

Kevin/Marcus melangkah ke babak Final China Open Super Series Premier 2017 setelah me­numbangkan unggulan empat ganda China, Li Junhui-Liu Yuchen. Mereka menang dua gim langsung, 21-14 dan 21-18.

Indonesia sebenarnya memi­liki peluang menciptakan all Indonesian final pada sektor ganda putra. Namun, Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro yang juga lolos ke semifinal harus me­nyerah dari Boe/Mogensen di laga semifinal.

(tir/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *