Hore… Tiket Kereta Bandara Gratis Sebulan

by -

 

METROPOLITAN – Kabar gembira bagi masyarakat yang menanti opera­sional kereta bandara. Pada 25 Novem­ber, kereta ini akan mulai beroperasi. Menariknya, selama satu bulan penum­pang akan bebas biaya menaiki kereta ini alias gratis.

Direktur Keuangan PT Kereta Api In­donesia Didiek Hartantyo mengatakan, pihaknya berencana menggratiskan pengoperasian Kereta Bandara Soekarno-Hatta selama jangka waktu tertentu. Semen­tara itu, tarif pengoperasiannya masih terus dikaji.­

Sebagai informasi, Kemente­rian Perhubungan (Kemenhub) segera mengoperasikan Kereta Bandara Internasional Soekar­no-Hatta. Uji coba kereta ban­dara tersebut mundur dari rencana awal yang ditargetkan pada November 2017 menjadi awal Desember tahun ini.

”Kita akan lakukan seperti itu (gratis sementara, red). Bisa sebulan sampai akhir ta­hun. Untuk tarif, kajiannya antara Rp75.000 sampai Rp100.000,” ujar Didiek saat ditemui di Gedung BEI, Ja­karta, Rabu (22/11).

Pengerjaan infrastruktur ke­reta bandara ditargetkan se­lesai pada 25 November. Se­telah itu, pemerintah segera melakukan uji coba sebelum melakukan pengoperasian secara komersial. ”Prasarana­nya kita selesaikan tanggal 25 November tahun ini, nanti soft operation terlebih dahulu be­lum dikomersialkan,” jelasnya.

Didiek mengatakan, kereta bandara rencananya dapat me­layani masyarakat 80 kali se­hari dengan masing-masing keberangkatan 40 kali pergi dan 40 kali kembali ke bandara. Pada jam sibuk, pengoperasian kereta bandara dilakukan 15 menit sekali. Namun ketika normal hanya 30 menit sekali. ”Kereta bandara kan nanti per­jalanan ke bandara satu hari 80 kali. Masing-masing 40 pergi, 40 kembali ke bandara. Di jam jam permintaan tinggi kita la­kukan setiap 15 menit, kalo eng­gak begitu high kita berangkat­kan 30 menit,” jelasnya.

Keberadaan kereta bandara bukan untuk mematikan trans­portasi lain yang melayani masy­arakat ke bandara. Namun, ke­beradaan kereta bandara tersebut untuk memberi pilihan kepada masyarakat menghindari kema­cetan menuju bandara.

”Kita melihat bahwa di saat-saat tertentu kemacetan bandara luar biasa. Sehingga, kepastian waktunya menjadi tidak bisa kita pegang. Dengan kereta bandara ini harapannya men­jadi moda alternatif transpor­tasi bagi masyarakat untuk melancarkan kegiatan. Jadi tidak ada niat mematikam yang lain,” tandasnya.

(mer/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *