Nungki Siap Disandingkan dengan Siapa pun

by -

METROPOLITAN – DPP Hanura resmi mengeluarkan surat rekomendasi kepada Sekretaris DPD Hanura Jawa Barat (Jabar) Fitri Putra Nugraha alias Nungki maju di pemilihan bupati (pilbup) Bogor 2018 sebagai calon bupati/wakil bupati Bogor. Dengan dikeluarkannya rekomendasi ini, Hanura siap mengusung kadernya maju bersama figur mana pun yang siap berkoal­isi bersama Hanura.

Nama Nungki sudah masuk bursa pendamping bakal calon (balon) bupati Bogor yang diusung PPP, Ade Yasin (AY). Meski demikian, Hanura juga tidak menu­tup kemungkinan membuka komunikasi dengan partai politik (parpol) lain agar Nungki bisa maju di hajatan politik lima tahunan tersebut. “Ini melalui survei dulu, dari enam kandidat sudah mengerucut ke tiga besar dan Kang Nungki masuk. Tapi tidak menutup kemungkinan kami juga melakukan pendekaan dan sosial­isasi kepada partai lain,” kata Ketua DPC Hanura Kabupaten Bogor Iswahyudi saat penyerahan rekomendasi secara simbolis, belum lama ini.

Baca Juga  Andi Surya : DPR RI Sahkan UU APBN 2017 Merupakan Keputusan Moderat

Sementara itu, Ketua Bapilu DPD Hanura Jabar Budi Hermansyah mengatakan, rekomendasi untuk Nungki diberikan melalui pertimbangan matang. Dari segi popularitas dan elektabilitas, Nungki di­anggap masuk urutan empat besar den­gan persentase 14 persen hasil survei di September. Popularitas Nungki diprediksi akan terus naik karena ketika itu ia sama sekali belum menyosialisasikan diri den­gan turun langsung. “Itu baru ketika proses penjaringan dan kajian terhadap balon di 16 kota/kabupaten, termasuk Bogor. Waktu itu beliau belum melakukan sosialisasi, sehingga kami pikir beliau memiliki modal dasar yaitu popularitas dan elektabilitas,” terang Budi yang juga Ketua Tim Pemilu Daerah DPD Hanura Jabar.

Di samping itu, Nungki merupakan kader strategis Hanura dengan menduduki posisi Sekretaris DPD Hanura Jabar. Bicara kapa­sitas, Nungki juga sudah berpengalaman dalam pencalonan di pilkada sebelumnya dan pernah menjabat pimpinan DPRD Kabupaten Bogor. “Sangat jelas bagi kami, Nungki harus didukung di Kabupaten Bo­gor. Persoalan F1 atau F2 itu masih fleksi­bel, tergantung kondisi dan konstelasi politik ke depan,” paparnya.

Baca Juga  Anton Berharap Pemenang Pilkada Perhatikan Rakyatnya

Di tempat yang sama, Nungki mengang­gap Kabupaten Bogor menjadi prioritas pemenangan Hanura. Sebab, Kabupaten Bogor menyumbang 20 persen suara di Jabar. Otomatis Jabar juga menyumbang sekitar 20 persen suara di tingkat nasional. “Jadi Hanura harus memanfaatkan kekua­tan di Kabupaten Bogor secara maksimal,” tegas Nungki.

Terkait koalisi, Nungki mengaku diberi keleluasaan menjajaki kemungkinan koalisi, termasuk dengan PPP. Terkait namanya yang dikabarkan masuk tiga besar, Nungki berharap penentuan pas­angan dilakukan objektif dan poros PPP bisa berlanjut. “Penentuan calon melalui hasil survei, sehingga hasilnya objektif dan bisa diterima bersama. Saya rasa ini cukup fair. Pada dasarnya kami tidak pu­nya hambatan kalaupun berkomunikasi dengan semua partai,” tandas Nungki.

Baca Juga  Hari Perempuan Internasional

(fin/b/ram/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.