DIKIRIMI SURAT, ADE YASIN JANJI CARIKAN SOLUSI UNTUK GURANDIL

by -

METROPOLITAN – Bakal calon bupati Bogor Ade Yasin mengaku mendapat secarik kertas dari salah satu tokoh masyarakat di wilayah Barat Kabupaten Bogor, terkait nasib para penambang emas tanpa izin (Peti). Mereka yang biasa disebut gurandil ini merasa tidak dimanusiakan karena keterbatasan aktivitas. Padahal, aktivitas tersebut untuk menghidupi keluarganya.  Kami ingin dimanusiakan dengan diberdayakannya, jangan di obok-obok,” tutur Ade Yasin membacakan surat yang diterimanya.

Dalam surat tersebut, warga yang menjadi gurandil juga menceritakan keluh kesahnya terkait pemilik modal besar. Mereka mengaku kerap merasa diintimidasi serta dilarikannya hasil tambang keluar Kabupaten Bogor.Ini surat yang saya dapat dari salah satu tokoh masyarakat terkait dengan tidak dimanusiakannya gurandil,” terangnya.

Menanggapi hal itu, perempuan yang juga menjabat Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor itu berjanji akan mencari solusi terkait persolan tersebut. Menurutnya, di beberapa wilayah, gurandil tidak dibubarkan begitu saja namun diberdayakan.  Kami carikan solusi terkait larangan aktivitas mereka. Salah satunya pemerintah bisa menfasilitasinya dengan membentuk koperasi tambang,” ujar Ade Yasin.

Selain itu, Ade Yasin juga berencana menggagas pengembangan desa berbasis pertanian dan wisata sesuai potensi di masing-masing desa. Menurutnya, jika pemerintah serius memfasilitasi segala potensi desa yang ada secara maksimal, bukan tidak mungkin akan tumbuh banyak tempat wisata baru di Kabupaten Bogor. Dengan catatan, tetap menjaga lingkungan menghindari kerusakan alam dan bencana.Seperti Pabangbon, sekarang ini indah pemandanganya dan tertata karena dimaksimalkan. Ada rumah pohon yang kini hits jadi incaran wisatawan. Potensi seperti ini dimaksimalkan bekerja sama dengan banyak pihak. Pembangunan dimulai dari desa, majukan dulu desanya, imbasnya akan sampai ke kota,” tandasnya.

Senada, calon wakil bupati pendamping Ade Yasin, Iwan Setiawan, menginginkan pemerintahan ke depan dapat mewujudkan pengusaha kreatif galian dengan aman dan nyaman. Lelaki yang juga menjabat wakil ketua DPRD Kabupaten Bogor ini siap duduk bersama untuk membahas persoalan ini dan mencarikan solusinya.Itu intinya, Itu tanggung jawab kita untuk melindungi. Kami akan duduk bersama untuk membahas masalah ini,” tutup Iwan.

(fin/b/ram)

Baca Juga  Berporos pada Salat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *