Jalan Lima Desa di Surade Butuh Perbaikan

by -

METROPOLITAN – Kerusakan jalan di Kabupaten Sukabumi, hingga kini masih menjadi persoalan. Salah satunya seperti yang berada di Jalan Raya H. Sartiki yang membentang dari Cibarehong Desa Jagamukti hingga ke Cibungur Desa Buniwangi, Kecamatan Surade.

Jalan utama yang dilalui lima desa yaitu Jagamukti, Gunungsungging, Cipeundeuy, Sukatani dan Buniwangi ini mengalami kerusakan.

Masyarakat di desa tersebut sudah begitu kesal dengan kondisi jalan yang berstatus adalah jalan kabupaten ini. Karena kerusakan ini seakan dibiarkan tanpa ada perbaikan. “Kalau musim hujan jalan ini sudah seperti kubangan lele,” kata Sahroji (43) warga Desa Gunungsungging kepada wartawan, kemarin.

Jalan ini begitu penting bagi warga karena menjadi akses satu-satu yang bisa dilalui. “Warga sangat berharap jalan ini di perbaiki, karena di pakai tiap hari oleh warga,” ujar Suherman salah satu perangkat Desa Jagamukti.

Kerusakan jalan membawa dampak kerugian bagi warga diantaranya kendaraan cepat rusak. “Kendaraan kami jadi gampang rusak kalo kondisi jalan nya jelek, jadi lebih sering ke bengkel,” kata Aziz Muslim (31) warga Desa Cipeundeuy.

Sementara itu, Apip Najarudin (40) salah seorang pegawai Dinas Bina Marga Kabupaten Sukabumi menuturkan panjang jalan H. Sartiki adalah 7,3 kilometer. Adapun yang sudah dilakukan perbaikan panjangnya 1 kilometer di Desa Buniwangi. Menurut pria yang akrab disapa Ucok ini, untuk sisanya yang sejauh 6,3 kilometer, Bina Marga mentargetkan Program Peningkatan dan Periodik akan selesai di 2018 dengan alokasi dana dari APBD Kabupaten Sukabumi. “Doakan saja semoga jalan tersebut segera diperbaiki, karena saya juga tahu ada beberapa sekolah, pesantren, dan beberapa sektor Pertanian yang memerlukan jalan tersebut,” pungkas Ucok.

(dem/suk/ram)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *