Mahasiswa Dituntut Berikan Aksi Nyata Bagi Masyarakat

by -

Wakil Bupati Sukabumi, H. Adjo Sardjono, belum lama ini menghadiri pelantikan Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Asal Sukabumi periode 2017 – 2019 di Pendopo Sukabumi. Dalam sambutannya, Adjo mengucapkan terima kasih dan selamat kepada Eky Rukmansyah dan pengurus lainnya semoga bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, sehingga kepengurusan organisasi ini dapat dirasakan manfaatnya oleh para mahasiswa asal Sukabumi yang tersebar di berbagai universitas dan perguruan tinggi.

Himpunan mahasiswa, sambung Adjo, adalah organisasi mahasiswa di tingkat jurusan atau program studi di suatu perguruan tinggi. Oleh karena itu keberadaan himpunan mahasiswa haruslah berdasarkan prinsip dari, oleh dan untuk mahasiswa. Mereka juga perlu mendapatkan haknya sebagai seorang mahasiswa yaitu bisa menyelesaikan skripsinya dengan tepat waktu, menjalankan tridarma perguruan tinggi dan melakukan penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat. “Himpunan mahasiswa jurusan atau program studi merupakan media bagi anggotanya untuk mengembangkan pola pikir dan kepribadian yang berkaitan dengan disiplin ilmunya agar siap terjun ke masyarakat,” paparnya.

Baca Juga  Rusak Parah, Jalan Poros Pabuaran Dikeluhkan Warga

Adjo juga mengatakan, perguruan tinggi harus bermanfaat bagi lingkungannya, membantu melihat kondisi masyarakat dan peka terhadap lingkungan. Karena kesejahteraan masyarakat merupakan cita-cita bangsa. Mahasiswa sebagai agen perubahan harus melakukan kontrol sosial terhadap negeri ini. Karena perkembangan politik, sosial dan ekonomi tidak lepas dari peranan pemuda atau mahasiswa.Namun sebagai mahasiswa dituntut untuk memberikan aksi nyata yang bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Adjo.

Wabup menyatakan, mahasiswa merupakan generasi penerus bangsa yang sangat dinanti kontribusinya dalam masyarakat saat ini. Sebagai salah satu potensi, mahasiswa sebagai bagian dari kaum muda dalam tatanan masyarakat yang mau tidak mau pasti terlibat langsung dalam tiap fenomena sosial. Tak hanya itu, mahasiswa juga harus mampu mengimplementasikan kemampuan keilmuannya dalam akselerasi perubahan menuju kemajuan.

Baca Juga  Belasan Orang Gila Berkeliaran di Kantor Dinkes

Sampai hari ini, kata Adjo, kabupaten dan Kota Sukabumi masih tetap aman dan kondusif. Keberadaan ini tentu tidak sekedar karena peduli dan sigapnya penyelengara keamanan, akan tetapi adanya peran dari tokoh masyarakat yang di dalamnya terdapat unsur pemuda dan mahasiswa. “Untuk itu pemerintah daerah sangat mengapresiasi peran mahasiswa atas kontribusinya dalam membangun Sukabumi menjadi lebih baik,” terangnya. Hadir pada kesempatan tersebut perwakilan Kodim 0607, MPK Himasi , IKA PB Himasi serta tamu undangan lainnya.

(hep/ram)

Leave a Reply

Your email address will not be published.