Mendaftar Pertama, Syarat GH-FR Masih Kurang

by -

METROPOLITAN – Bakal pasangan calon (bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Bogor dari jalur perseorangan Gunawan Hasan – Ficky Rhoma (GH-FR) menjadi yang pertama mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor untuk maju di pemilihan bupati (pilbup) Bogor 2018. Meski demikian, keduanya masih harus melengkapi syarat pendaftaran lantaran ada beberapa berkas persyaratan yang masih kurang.

Ada syarat pencalonan dan syarat calon. Untuk syarat pencalonan lengkap. Sementara syarat calon bupati hanya tinggal melengkapi tanda bukti tidak mempunyai tunggakan pajak. Sedangkan untuk calon wakil bupatinya yang kurang surat keterangan tidak pernah terpidana, SPT tahunan belum lengkap, tanda bukti tidak mempunyai tunggakan pajak dan soft copy foto,” kata Komisioner KPU Kabupaten Bogor Divisi Teknis Perencanaan dan Data Ummi Wahyuni saat membacakan hasil pemeriksaan berkas, kemarin.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Bogor Haryanto Surbakti mengatakan, kekurangan tersebut masih bisa dilengkapi hingga hari terakhir pendaftaran 10 Januari 2018 pukul 24:00.

Dari hasil pemeriksaan persyaratan yang diserahkan, masih ada beberapa kekurangan yang harus dilengkapi sampai 10 Januari 2018. Kalau tidak dilengkapi berarti tidak memenuhi syarat pencalonan dan tidak bisa dilanjutkan,” kata Haryanto.

Di samping itu, sebagai calon perseorangan, GH-FR masih harus melengkapi syarat minimal dukungan. Hasil verifikasi KPU sebelumnya, dari 215.731 dukungan yang disyaratkan, GH-FR hanya memenuhi 192.576 dukungan. Mereka harus melengkapi dua kali lipat jumlah kekurangan menjadi 46.310 dukungan saat masa perbaikan nanti.

Perbaikan harus diserahkan paling lambat 20 Januari 2018. Nanti akan dilakukan penelitian kembali seperti sebelumnya,” terangnya.

Baca Juga  GH-FR Maksimalkan Tim Pantau Verifikasi Faktual

Menanggapi itu, Ficky Rhoma mengaku akan segera melengkapi kekurangan sesuai waktu yang telah ditetapkan.

Secara keseluruhan tidak ada masalah. Semua dokumen akan segera kami lengkapi,” kata anak kandung Rhoma Irama ini.

Di sisi lain, Gunawan Hasan mengaku banyak mendapat pelajaran dari pencalonan sebelumnya di Pilbup Bogor 2013 lalu. Dirinya optimis pencalonan kali ini lebih lancar dan bisa mendapatkan hasil maksimal.

Pada periode yang lalu, saya dan pak ustad Akri di posisi kedua. Semoga kali ini lancar dan harus menjadi nomor satu (pemenang Pilbup Bogor 2018, red),” harapnya.

(fin/c/sal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *