Parpol Dijatah Rp1.000 per Suara

by -

METROPOLITAN – Kenaikan bantuan keuangan untuk Partai Politik (parpol) dari Rp 108 menjadi Rp 1.000 per suara akan direalisasikan mulai tahun ini. Hal ini menyusul terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2018 ten­tang Bantuan Keuangan Kepada Parpol sebagai perubahan kedua atas PP No­mor 5 Tahun 2009. Sesuai PP terbaru tersebut, bantuan keuangan parpol di tingkat provinsi Rp 1.200 per suara dan kabupaten/kota Rp 1.500 per suara.

Direktur Politik Dalam Negeri Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri Bahtiar men­gatakan, kenaikan dan bantuan keuan­gan kepada parpol diperlukan sebagai insentif negara dalam mendukung pen­guatan sistem kaderisasi dan penguatan kelembagaan parpol. “Sebab saat ini dana bantuan untuk parpol masih ter­lalu kecil,” kata Bahtiar.

Saat ini, Direktorata Politik Dalam Neg­eri sudah mulai menyosialisasikan aturan terbaru tersebut. Terakhir disampikan Bahtiar saat acara Verifikasi Laporan Pertanggungjawaban Bantuan Keuangan Parpol di Bogor, 19 Januari 2018.

Baca Juga  PPP: Ma’ruf Amin Ketemu Ahokers untuk Klarifikasi

Bahtiar mengingatkan, kenaikan dana bantuan bagi parpol dari Rp108 menjadi Rp1.000 per suara yang diberi­kan pemerintah harus diiringi dengan pengawasan lebih ketat karena uang tersbeut dari APBN. “Parpol pantas mendapatkan anggaran yang layak untuk menjalankan kegiatannya. Ang­garan dari negara dapat menjauhkan kader parpol dari indikasi korupsi den­gan dalih uang hibah. Parpol juga akan semakin terawasi,” harapnya.

Bahtiar mengakui, angka bantuan parpol yang ditetapkan pemerintah itu masih relatif kecil dibanding di sejumlah negara lainnya. Karena itu, dia berpe­san agar partai menggunakan dana dimaksud untuk pendidikan politik dan pengkaderan secara efektif.

Dia juga mewanti-wanti agar parpol mempertanggungjawabkan penggu­naan dana bantuan dari APBN terse­but. Tujuannya, untuk transparansi dan menjaga akuntabilitas penggu­naan anggaran negara. “Jika parpol tidak melaporkan laporan pertang­gungjawaban, maka parpol yang bersangkutan tidak mendapatkan ban­tuan pada tahun berikutnya,” ucapnya.

Baca Juga  Parpol Puasa Kampanye Sampai September

(sam/jpnn/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *