Satu Paslon Dijatah 8 Pengawal Pribadi

by -

METROPOLITAN – Masa kampanye pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak Kota Bogor 2018 sebentar lagi akan dimulai. Berbagai persiapan pun terus dimatangkan jajaran Polresta Bogor Kota. Yakni, dengan menyiapkan sejumlah pengawal pribadi (walpri) untuk calon kepala daerah yang akan maju di bursa Pilwalkot Bogor 2018.

Sedikitnya ada 40 walpri yang sudah disiapkan aparat keamanan di Kota Hujan. Mereka, nantinya akan bertugas menjaga setiap calon yang maju di Pilwalkot Bogor 2018, mulai dari awal masa kampanye hingga akhir masa kampanye. “Kita sudah berikan pelatihan kepada mereka agar bisa menjadi team khusus pengawal pribadi bagi masing-masing balon walikota dan wakil wali kota Bogor,” kata Kabag Sumda Polresta Bogor Kota, Kompol Syahroni Kuswandi usai melaksanakan seleksi calon walpri di Mako Polresta Bogor Kota, kemarin.

Menurutnya, ada empat personel walpri yang ditugaskan khusus dimasing-masing calon wali kota dan wakil wali kota Bogor. Diantaranya, ajudan, pengemudi, pengawal atau bodyguard serta pengawal kendaraan atau voorijder. “Untuk jam kerja tentantif, disesuaikan dengan kebutuhan, kecuali voorijder pengawal BM,” ucap Syahroni.

Syahroni sendiri menjelaskan, program pelatihan ini merupakan bagian dari pada kebutuhan jalannya pilkada serentak Kota Bogor 2018, yang mana masing-masing balon harus dikawal oleh pihak kepolisian yang terlatih dan mahir dalam mengemudikan kendaraan. Termasuk, kemahiran dalam beladiri serta penggunaan senjata api dan membaca situasi (intelejen). “Seleksi walpri ini bertujuan untuk memberikan pelayanan keamanan, kenyamanan serta keselamatan dari para balon itu sendiri,” jelas dia.

Diharapkan, dengan seleksi ini, para petugas walpri dapat mengetahui tugas dan fungsi tanggung jawab selama melaksanakan pengawalan dan pengamanan balon wali kota dan wakil wali kota Bogor periode 2018-2023. “Tujuannya agar pelaksanaan pilkada serentak 2018 berjalan secara aman, damai dan sukses,” ungkapnya.

(rez/b/sal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *