Sekda Pantau Langsung Pembayaran Zakat Profesi ASN

by -

METROPOLITAN – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, H Iyos Somantri, memastikan bahwa dirinya akan terus melakukan monitoring terkait pelaksanaan pembayaran zakat ditiap perangkat daerah yang setiap bulannya harus di tunaikan para Aparatur Sipil Negara (ASN). “Kalau ada yang sampai tidak bayar, teguran akan diberikan kepada perangkat daerah yang tidak membayar zakat tersebut,” ujar Iyos saat rapat pembahasan mekanisme pengumpulan zakat profesi ASN dan iuran KORPRI di aula Sekretariat Daerah Kabupaten Sukabumi, Palabuhanratu, Kamis (18/1).

Menurut sekda, membayar zakat profesi merupakan kewajiban yang harus ditunaikan setiap orang, termasuk para ASN yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi. “Agar terwujud Kabupaten Sukabumi yang religius dan mandiri, zakat penghasilan yang dikenakan sebulan sekali sebesar 2,5 persen dari jumlah gaji, akan saya monitor terus,” papar sekda.

Baca Juga  11 Pengedar Narkotika Di Ringkus BNNK Sukabumi

Sekda pun mengaku akan terus memonitor pelaksanaan pembayaran zakat profesi ini ditiap-tiap perangkat daerah. Sebab membayar zakat adalah kewajiban yang setiap bulannya harus ditunaikan. Apabila tidak dilakukan, perangkat daerah itu akan diberikan teguran. “Ya, mulai sekarang saya akan memonitor rekam jejak mengenai pembayaran zakat di tempat bapak/ibu bekerja,” tegasnya.

Untuk itu, lanjut sekda, kinerja semua perangkat daerah harus di tingkatkan dalam rangka mewujudkan Kabupaten Sukabumi yang religius dan mandiri. “Saya tegaskan bahwa pembayaran zakat akan disepakati dan diberlakukan tiap bulannya dengan memotong gaji yang akan di ambil dari Tunjangan Kinerja Dinamis (TKD) yang tiap bulannya akan di berikan kepada pegawai,” jelasnya. Hasil pantauan, pada kesempatan tersebut dilaksanakan penandatanganan perjanjian kerja sama antara DPK KORPRI Kabupaten Sukabumi dengan PT. Metafora Cipta Sentosa terkait pembangunan perumahan bagi pegawai negeri sipil (PNS) sejahtera bagi anggota KORPRI.

Baca Juga  Pemuda Sukabumi Ditipu Pabrik Garmen

(ade/ram/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.