Bogor Punya Streetfood

by -

METROPOLITAN – Selain mempunyai banyak cafe-cafe, ternyata Kota Bogor juga mempunyai beberapa sentra kuliner jalanan cukup banyak. Diantaranya Gang Selot yang bearada di Jalan Ir H Juanda, berbagai macam makanan ada disini, seperti Batagor, Siomay, Soto, Doclang, dan beberapa makanan yang lainnya. Bahkan makanan di Gang Selot didaulat sebagai sajian sehat Bogor.

Psalah satu penjualnya Ibu Yati atau biasa dipanggil Yaya. Sejak 1990-an Yaya, menjajakan dagangannya di kawasan Gang Selot, Bogor ini. Rasa Soto Mie-nya yang gurih dengan risol renyahnya, membuat banyak orang suka dengan hidangan ini. ”Kalau jual udah dari 90-an, pertama yang jual dari Bapak (suami) dan resep turun temurun,” ujarnya.

Baca Juga  Tempuh Jarak 54 Kilometer demi Mengajar Anak Terisolasi

Pak Adnan suami Yaya lah yang pertama kali menjual Soto Mie di Gang Selot. Namun, setelah suami meninggal tiga tahun lalu (2014), Yaya dan anaknya yang bergantian berjualan Soto Mie.
Menurut Yaya, Soto Mie buatannya tidak ada resep khusus, bumbu-bumbu yang telah dihaluskan hanya ditumis agar mengeluarkan minyak dan tidak berbau, baru ditambahkan daun salam dan batang sereh ke dalam kuahnya. Untuk isinya, ada mie kuning, bihun, kol, ditambah potongan risol renyah dan daging.

Salah satu yang membuatnya spesial adalah potongan risol kecil yang gurih. Rasa risol yang sudah gurih menambah kenikmatan semangkuk Soto Mie buatan Yaya ini. Sebagai pelengkap, tambahan tomat dan daun seledri menambah aroma Soto Mie yang lezat ini. Bagi yang suka pedas, satu sendok sambal akan membuat Soto Mie ini semakin segar.

Baca Juga  Masjid Raya Bogor Tetap Bolehkan Jamaah Itikaf dengan Menyerahkan Data Diri

Sementara itu, Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman menjelaskan, Pemkot Bogor telah meresmikan Gang Selot sebagai sentra kuliner sehat di bawah binaan Dinas Kesehatan serta Dinas Koperasi dan UMKM. “Hadirnya sentra kuliner sehat ini dapat mendorong sentra kuliner lainnya ikut menerapkan standar kebersihan baik dari bahan makanan dan penyajian, agar masyarakat mendapatkan jajanan yang baik untuk kesehatan,” ujarnya.

Gang Selot merupakan satu dari empat sentra kuliner yang terdapat di Kota Bogor dan telah terbentuk sejak 1974, atau selama SMP dan SMA Negeri 1 berdiri. Tempat tersebut sudah dijadikan kawasan berdagang para pedagang kaki lima. (*/mam)

PY

Selain mempunyai banyak kafe, ternyata Kota Bogor juga memiliki beberapa sentra kuliner. Salah satunya Gang Selot di Jalan Ir H Juanda yang menyediakan berbagai macam makanan, seperti batagor, siomai, soto mi, doclang dan lainnya. Bahkan, makanan di Gang Selot didaulat sebagai sajian sehat Bogor.

Baca Juga  Heboh Kabar Pasangan 'Gancet', Hoak Atau???

SEORANG penjual soto mi, Yati atau biasa disapa Yaya, mengaku telah berjualan sejak 1990. Rasa soto mi yang gurih dengan risol renyahnya, membuat banyak orang suka dengan

Leave a Reply

Your email address will not be published.