Gerindra Dorong Penindakan Satpol PP Libatkan Masyarakat

by -

METROPOLITANFraksi Partai Gerindra DPRD Kabupaten Sukabumi mendorong pemerintah daerah khususnya perangkat daerah Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk melakukan penegakan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat, dengan melibatkan peran serta dari seluruh komponen masyarakat. Sebab dengan pertimbangan luas wilayah dan rentang kendali, merupakan salah satu solusi dengan dibuatkannya pengaduan online/ pengaduan SMS atau sejenisnya khusus untuk penegakan perda ketertiban umum dan ketentraman masyarakat.

Jadi dengan demikian adanya pengaduan secara online ini akan memudahkan masyarakat untuk memberikan informasi kepada pemerintah daerah, dan memudahkan perangkat daerah dan Satpol PP dalam melaksanakan tugasnya lebih tepat sasaran dan mengefektifkan waktu,” kata Sekretaris Fraksi Partai Gerindra, H Acep Shofyan, saat membacakan pandangan umum fraksi terhadap raperda tentang perubahan atas Perda No 10/2015 tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman masyarakat baru –baru ini di rapat paripurna DPRD Kabupaten Sukabumi, Palabuhanratu.

Dibagian lain, Acep mempertanyakan ikhwal penetapan sanksi administrasi dan sanksi pembebanan biaya yang termuat dalam raperda terebut menggunakan tolak ukur dan indikator apa. “Mohon penjelasan,” tanyanya.

Menurut Acep, pemerintah daerah secara bertahap harus memberikan saran dan prasarana yang lebih memadai untuk pelaksanaan operasi penegakan perda. Supaya kedepannya jenis-jenis pelanggaran yang berdampak cukup signifikan dapat teratasi. “ya seperti sekarang ini terjadi tentang penyalagunaan peruntukan ruang yang tidak sesuai dengan Perda RTRW, menggunakan badan/ruang jalan, trotoar dan perlengkapan jalan lainnya yang tidak sesuai aturan, penanganan orang gila dan lain-lain,” bebernya.

(ade/ram)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *