Ini Visi-Misi Keempat Paslon di Pilwalkot Bogor

by -

METROPOLITAN – Dua hari sudah masa kampanye pilwalkot Bogor 2018 berlangsung. Beberapa pasangan calon (paslon) wali kota dan wakil wali kota Bogor mulai turun menyapa masyarakat. Mereka juga sudah memaparkan visi-misi untuk pembangunan penataan kota hujan untuk lima tahun kedepan. Hal itu dibenarkan Komisioner KPU Kota Bogor, Siti Natawati saat ditemui di kantornya, belum lama ini

Siti menyatakan bahwa keempat paslon sudah menyampaikan visi-misinya ke KPU Kota Bogor sejak masa pendaftaran paslon wali kota dan wakil wali kota Bogor periode 2018-2023. “Sudah diserahkan ke kami. Visi-misi pun sudah kami tampilkan di website KPU RI,” paparnya.

Adapun visi-misi yang diusung paslon pertama (Achmad Ru’yat dan Zaenul Mutaqin), yakni Bogor kota jasa yang nyaman dengan masyarakat sejahtera dan pemerintahan amanah. Sedangkan misinya adalah: Pertama membangun pereknomian masyarakat berbasis jasa. Kedua, mewujudkan kota yang bersih, indah, tertib dan aman dengan prasarana kota yang memadai. Ketiga, membangun kualitas SDM yang bertaqwa, cerdas, terampil, sehat dan sejahtera. Keempat, mewujudkan pemerintahan yang efektif, efesien, melayani, adil dan amanah.

Untuk paslon dengan nomor urut dua (Edgar Suratman dan Sefwelly Gynanjar Djoyodiningrat), mengusung visi yakni mewujudkan Kota Bogor sebagai kota berkarakter yang berwawasan lingkungan berbasis penguatan religi, kearifan lokal, perdagangan jasa, pengembangan ekonomi kerakyatan dengan pelayanan prima. Untuk misinya: Pertama meningkatkan produktivitas ekonomi masyarakat dalam bidang usaha strategis dan jasa perdagangan berbasis kemandirian secara adil dan berkelanjutan.

Kedua, mengembangkan kota jasa berbasis kemandirian, penguatan nilai-nilai kearifan lokal, keagamaan dan inovasi teknologi. Ketiga, peningkatan mutu sumber daya manusia melalui penguatan pendidikan dan keterampilan serta pelayanan kesehatan. Keempat, reformasi birokrasi pemerintah dan peningkatan pelayanan publik melalui optimalisasi fungsi institusi pemerintah dan partisipasi masyarakat.

Kemudian paslon dengan nomor urut tiga (Bima Arya dan Dedie A Rachim) mengangkat visi yaitu Bogor sebagai kota jasa yang nyaman dengan masyarakat madani dan pemerintahan amanah. Sementara untuk misinya: Pertama mengembangkan pereknomian masyarakat dengan titik berat pada jasa yang mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya yang ada. Kedua, mewujudkan kota yang bersih, indah, tertib dan aman (beriman) dengan sarana dan prasarana perkotaan yang memadai dan berwawasan lingkungan. Ketiga, meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang beriman, berkerterampilan, cerdas dan sejahtera. Keempat, mewujudkan pemerintah kota yang efektif dan efesien serta menjunjug tinggi supremasi hukum.

Terakhir, paslon dengan nomor urut empat (Dadang Iskandar Danubrata dan Sugeng Teguh Santoso) menyodorkan visinya yakni terwujudnya Bogor berdaya, mandiri dan berbudaya dilandasi nilai-nilai agamis serta gotong royong. Sementara, untuk misinya: Pertama mewujudkan kualitas hidup masyarakat Kota Bogor yang lebih maju dan sejahtera. Kedua, mewujudkan masyarakat Kota Bogor yang berkarakter, berdaya saing dan mandiri. Ketiga, mewujudkan lingkungan Kota Bogor yang bersih, indah, tertib dan nyaman. Keempat, mewujudkan Kota Bogor yang adil, demokratis, toleran dan berkesinambungan berbasiskan kearifan dan sumber daya lokal.

Sebelumnya, Ketua Panwaslu Kota Bogor, Yustinus Eliyas Mau, mengingatkan kepada empat paslon agar tidak membawa keberhasilan dari program-program pemerintahan, khususnya bagi petahana. Keputusan ini diambil sebagai azas keadilan dengan paslon lainnya. “Biar semuanya adil toh,” kata Yustinus.

Yustinus juga menjelaskan, sebagai paslon yang mengikuti bursa pilkada, tentu harus menunjukan dan menjual visi misinya sendiri ke masyarakat. Karena, kalau pun disebutkan program yang sudah dilakukan, tentu itu kan dilakukan dengan wakil wali kota Bogor yang berbeda. “Jadi harus menunjukan visi misi dia sendiri,” ujar dia.

(rez/b/ram)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *