Muspika Gelar Rakor Penanganan Pacabencana

by -

Cijeruk– Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Cijeruk menggelar rapat koordinasi penanggulangan pasca longsor di yang terjadi di Kampung Maseng, Desa Warung Menteng, Kecamatan Cijeruk. Rakor ini melibatkan PT KAI, BPBD, Dinas Sosial, PMI, Tagana dan Pemdes Warung Menteng.

Rakor yang dipimpin langsung Camat Cijeruk Hidayat Saputra Dinata membahas langkah kedepan setelah selesainya evakuasi korban bencana. Penanganan para korban, serta rencana relokasi rumah-rumah yang ada di sekitar lokasi longsor “Hasil pasca longsor hari ini atas petunjuk Danrem langsung. Rapat ini membahas mengenai penanganan pasca longor, termasuk rencana relokasi tempat tinggal warga,” bebernya.

Tak hanya itu, pada rakor tersebut juga membahas antisipasi longsor susulan atau bencana akibat dari beban berat beton yang mencapai berat hingga 40 ton. Tidak menutup kemungkinan, lanjut Hidayat, longsor susulan bisa terjadi sewaktu-waktu melihat intensitas hujan yang terus mengguyur wilayah Cijeruk. “Maka dari itu, ini semua dibahas tuntas hingga ke akar. Tak terkecuali pemasangan police line yang akan diperlebar karena lokasi dianggap sangat berbahaya,” tuturnya lagi.

Sementara itu, Kades Warung Menteng Maman Fatullah menjelaskan, pihaknya terharu dengan bantuan dan kerja keras anggota TNI dan Polri serta segenap Tim SAR yang membantu evakuasi korban bencana yang merupakan warganya. Tak sia-sia, kerja keras semua tim ternyata membuahkan hasil dengan menemukan seluruh korban yang tertimbun longsor. “Saya selaku kades mengucapkan banyak, terima kasih kepada semua yang pihak yang terlibat dalam penanggulangan bencana yang terjadi di wilayah kami,” tutupnya.

(nto/b/suf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *