Pertemuan TP PKK/ DWP se-Wilayah I Bogor Bupati: Peranan Wanita Sebagai Pendamping Suami Jangan Slogan Saja

by -

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami, berharap agar peranan wanita sebagai pendamping suami jangan hanya menjadi slogan atau wacana saja. Tetapi wanita perlu membuktikan bahwa dalam mewujudkan kesejahteraan dan pemberdayaan di masyarakat, harus dimulai dari tatanan keluarga, dan semua lapisan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan bupati saat pertemuan TP PKK / DWP se-Wilayah 1 Bogor untuk meningkatkan kinerja, koordinasi dan mempererat tali silaturahmi Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP- PKK ) dan Dharma Wanita Persatuan kota dan kabupaten se wilayah 1 Bogor di Pendopo Sukabumi, Selasa (13/02).

Menurut Marwan, peranan wanita sebagai pendamping suami perlu pembuktian dalam mewujudkan kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat yang dimulai dari tatanan keluarga, tatanan masyarakat di lingkungannya dan semua lapisan masyarakat. “Pemberdayaan perempuan dan kesejahteraan keluarga yang selama ini terus dikembangkan menjadi bukti bahwa peran serta perempuan ditatanan pembangunan dan kemasyarakatan sangat strategis dan menjadi tolok ukur keberhasilan diberbagai bidang pembangunan yang ada,” kata Marwan.

Dibagian lain, Marwan memaparkan bahwa salah satu kekayaan alam yang terdapat di Kabupaten Sukabumi adalah kawasan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu sebagai salah satu Daya Tarik Wisata (DTW) di wilayah Sukabumi Selatan. Kawasan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu menyimpan potensi luar biasa untuk dikembangkan lebih lanjut sebagai destinasi wisata andalan Kabupaten Sukabumi dan Propinsi Jawa Barat.

Sementara itu, Ketua TP PKK/DWP Kabupaten Sukabumi, Hj. Yani Jatnika Marwan, menyampaikan bahwa secara kelembagaan TP PKK Kabupaten Sukabumi terdiri dari 44 orang pengurus, TP PKK kecamatan 47 orang, TP PKK desa sebanyak 381 orang dan TP PKK kelurahan sebanyak 5 orang. Kemudian kelompok PKK dusun 1588 kelompok, PKK RW 3133 kelompok dan kelompok PKK RT sebanyak 18.384 kelompok. “Pertemuan ini merupakan agenda rutin yang di adakan TP PKK DWP Wilayah I setiap 3 bulan sekali . Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk bersilaturahmi dan berbagi pengalaman antar sesama pengurus TP PKK yang ada di wilayah I Bogor,” jelas Hj. Yani Jatnika Marwan.

(hep/ram)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *