Rp250 Juta untuk Bangun Gedung Satpas SIM Online

by -

Polres Bogor menerima bantuan dana Corporate Social Responsibility (CSR) Kanwil Bank BRI Cabang Cibinong sebesar Rp250 juta, kemarin. Bantuan tersebut nantinya digunakan untuk membangun gedung Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM Online Polres Bogor.

Laporan: Ade Sumantri

Pimpinan Cabang BRI Cibinong Argo Prabowo mengatakan, CSR itu kewajiban bagi setiap perusahaan BUMN. Total CSR yang diberikan senilai Rp250 juta berupa bangunan Satpas Online termasuk kursi dan sarana lainnya untuk memudahkan masyarakat mendapatkan SIM. “BRI kan BUMN yang memiliki tanggung jawab sosial untuk membantu, berperan aktif bukan hanya di Polres, tapi juga beberapa instansi yang berkaitan dengan pelayanan masyarakat,” kata Agro usai memberikan dana CSR di Mako Polres Bogor.

Dia berharap, dengan CSR ini pelayanan SIM di Polres Bogor menjadi lebih baik dan nyaman bagi masyarakat. Dengan luas wilayah kabupaten, BRI menggandeng Polres Bogor membuka pelayanan perpajangan pajak kendaraan. Nantinya masyarakat di pelosok yang hendak membayar perpanjangan kendaraan bisa membayarnya di kantor cabang BRI. Tidak usah lagi bayar di Makopolres Bogor. “Kita siap termasuk jaringannya. Selama ini kan sudah bekerja sama dengan Dispenda juga untuk pembayaran SIM dan Samsat Online. Nanti ke depan kita coba untuk pembayaran tilang dan pajak kendaraan,” bebernya.

Sementara itu, Kapolres Bogor AKBP Andi M Dicky menuturkan, pembuatan SIM tidak bisa dilakukan di sembarang tempat. Biar bagaimana pun pembuatan SIM harus terpusat atau tetap di Polres Bogor. “SIM itu kan uji kompetensi. Jadi nggak bisa sembarangan. Indonesia ini termasuk mudah untuk mendapatkan SIM. Di negara lain itu bisa sampai tiga bulan. Jadi memang harus terpusat karena perlu uji kompetensi,” kata Dicky.

Paling memungkinkan, kata dia, untuk pelayanan perpanjangan SIM dan perpanjangan pajak kendaraan bermotor. “Sedang dibicarakan supaya bia dicetak di kantor-kantor cabang pembantu yang ada di kecamatan. Jadi BRI sudah menyiapkan Slip Setoran Pajaknya,” kaya dia.

Untuk mewujudkannya, Polres Bogor telah siap. Namun, Samsat juga merupakan pelayanan satu atap yang memiliki tiga fungsi yaknis polii, Jasa Raharja dan Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda). “Kami sih tidak masalah. Dispendanya nih bagaimana,” tukasnya.

(ads/b/e;s)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *