Spesialis Layani Turis Timur Tengah

by -

CARINGIN-Berbekal pengalaman alang melintang di dunia Adventure Rafting menjadi pemandu olahraga arung jeram. Kamaludin mulai membuka usahan Adventure Rafting khusus spesialis turis timur tengah (Timteng). Dengan kepiawaiannya dalam berbahasa Arab dan Ingris membuat Rafting yang dimilikinya ramai digemari pengunjung turis khususnya timur tengah.
“Alhamdulillah kalau pengalaman beberapa tahun saya menjadi pemandu bahasa dan pemandu Rafting di Bali, makanya saya membuka usaha ini khusus untuk turis turis dari timur tengah,” kata Kamaludin pemilik Kamal Rafting ditemui Metropolitan, kemarin.
Menurut dia, selama ini pihaknya bekerja sama dengan sejumlah hotel di kawasan Puncak Cisarua yang banyak dikunjungi turis timteng untuk liburan. Sehinga dengan kepasihannya dalam berbahasa arab sejumlah hotel menjalin kerjasama dengan Rafting yang dipimpinnya.
“Fasilitas yang kami siapkan standar nasional karena kami pengala,an di Bali. Dalam satu paket untuk turis Timteng untuk tiga orang Rp2 juta, termasuk, dokumentasi, pemandu, asuransi. untuk 11 km. Melintasi jalur kali Cisadane,” tuturnya.
Kamaludin mengaku, dalam satu bulan tamu yang menguakan jasa rafting milinya tak kirang dari 100 paket, dengan rata rata pemasukan dalam satu bulan Rp 15 juta kotor belum untuk biasa gaji pemandu.
“Sebelum melaksanakan Rafting team yang disiapkannya dilokasi melakukan survai jalur sehingga tidak bisa memastikan arus air mapun kesiapan jalur sehingga untuk menjamin keselamatan para tamu yang menggunakan jasa perusahaanya,”akunya.
Setiap para tamu yang akan rafting diberikan Rompi pelindung dengan standar nasional sehinga akan meminimalisir hal hal yang tidak diiinginkan, selain itu tambah dia, dengan perahu yang dimilikinya terkadang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan tamu yang datang.
“Untuk turis timur tengah, dalam satu tahun hanya 6 bulan, dan enambulannya kosong dimana hanya masa liburan orang orang timur tengah ke Indonesia khusus dikawasan puncak cisarua,” tuturnya.
Untuk turis lokal lanjut dia, pihaknya tidak terlalu pokus kendati harga untuk turis lokal pihaknya juga menargetkan harga Rp 200 ribu per orang, dengan menadapatkan makan siang pada sore hari. Ditambah pemandu dab dikumentasi.
“Dalam bisnis rafting itu yang lebih besar adalah biaya promosi, khususnya kita kerja sama dengan pihak travel, taksi maupun perhotelan dengan perjanjian kontrak pertahun, dengan perjanjian setiap tamu yang datang dibawa ke rafting kita,” ucapnya.

(ujg/suf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *