Tahun Depan Pusat Pemerintahan Sukabumi Pindah ke Palabuhanratu

by -

METROPOLITAN – Mulai tahun depan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi bakal memusatkan kegiatan pemerintahan di kawasan Palabuhanratu. Langkah tersebut untuk lebih mengembangkan potensi daerah di selatan Sukabumi. Hal tersebut ditegaskan Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, Jumat (23/2). Menurut Marwan, pada tahun ini Pemkab Sukabumi sudah mulai memindahkan beberapa perkantoran ke Palabuhanratu. Targetnya semua kegiatan di 2019 akan terpusat di Palabuhanratu sesuai dengan amanah yang diberikan sejak zaman Bupati Sukabumi Maman Sulaeman periode 2000-2005 lalu.

Menurut Marwan, pemusatan kegiatan ini sebagai upaya optimalisasi potensi kabupaten di daerah selatan. Ia mencontohkan kebijakan serupa juga dilakukan Pemkab Cianjur yang kini sedang mengembangkan wilayah selatan seperti di Campaka. Marwan menerangkan, keberadaan pendopo negara Kabupaten Sukabumi yang berada di Kota Sukabumi pun sebetulnya sudah tidak dimanfaatkan secara optimal.

Sebelumnya Marwan juga pernah mengatakan jika Palabuhanratu akan dijadikan sebagai sentra kegiatan pariwisata dan budaya. Sebab dari tempat tersebut bisa mengakses sejumlah lokasi wisata dan budaya yang ada di sekitarnya. Penetapan ini karena wilayah tersebut menjadi areal pendistribusian orang yang akan menuju sejumlah destinasi wisata dan budaya di Sukabumi.

Misalnya jika pengunjung ingin ke desa adat dan geopark Ciletuh maka harus melalui atau singgah di Palabuhanratu. Pendistribusian wisatawan ini juga akan berdampak pada daerah tetangga yakni Kota Sukabumi. “Sukabumi juga akan menjadi kawasan ekonomi khusus misalnya di Cikidang. Di daerah tersebut ada pengusaha yang menyiapkan lahan sekitar 800 hektare untuk pengembangan kawasan,” tandasnya.

(rig/rep/ram)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *