Tinjau Lokasi Bencana, Ade Yasin- Iwan Setiawan Beri Bantuan

by -

METROPOLITAN – Bencana banjir dan longsor yang menimpa sejumlah wilayah di Kabupaten Bogor kemarin direspon cepat bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Bogor Ade Yasin – Iwan Setiawan. Mereka mengunjungi sejumlah titik lokasi bencana di wilayah Puncak dan memberikan bantuan untuk mesyarakat terdampak bencana.

Di bawah rintik hujan, keduanya sabar menyisir lokasi bencana di beberapa desa seperti Tugu Selatan, Tugu Utara, Citeko, Cibeureum, Leuwimalang dan Kopo. Karena medan yang sulit, keduanya harus menggunakan sepeda motor untuk meninjau lokasi-lokasi tersebut. “Hari ini (kemarn) saya dan bu Ade Yasin menyisir beberapa desa yang terdampak bencana, salah satunya di Leuwimalang. Di sana ada sekitar tujuh rumah yang rusak berat,” kata Iwan Setiawan usai melakukan peninjauan.

Tak hanya meninjau, keduanya juga memberikan bantuan sementara kepada masyarakat terdampak bencana. Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban mereka untuk beberapa hari ke depan sambil menunggu penanganan dari pemerintah daerah. “Kami coba bantu penuhi makanan dan lainnya. Yang sekarang sangat dibutuhkan masyarakat itu selain makanan adalah tempat tidur, selimut dan alat mandi,” terangnya.

Baca Juga  Kades Gunungsari Durhaka

Lelaki yang juga menjabat Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor ini berharap pemerintah daerah bergerak cepat melakukan penanganan dengan memberikan bantuan yang mendesak. Ke depan, Iwan berharap pemerintah daerah lebih jeli dalam pengaturan tata ruang. Selain itu, alokasi anggaran penanganan bencana harus dimaksimalkan karena Kabupaten Bogor banyak wilayahnya yang masuk rawan bencana. “Masalah penanganan bencana akan menjadi salah satu prioritas kami ke depan. Ini kan titik-tiktik rawannya sudah diketahui karena sering terjadi. Ke depan kami berharap pengaturan tata ruang dan alokasi anggaran penanganan bencana dimaksimalkan, jadi bantuannya tidak instan, tapi berkepenajngan. Pemerintah harus all out, ke depan, di semua daerah, khususnya yang rawan bencana, harus ada semacam UPT penangan bencana sebagai bentuk kesiapsiagaan,” tandas Iwan.

Baca Juga  Plt Bupati Bogor Ajak Warga Panjatkan Doa untuk Anak Ridwan Kamil

Sementara itu, Ade Yasin telah memiliki konsep melalui penguatan program mitigasi bencana ke depannya. Sehingga, masyarakat memiliki kewaspadaan dini dan tahu apa yang harus dilakukan saat bencana datang. “Kami akan memperkuat program mitigasi bencana dan penanganannya secara total ke deoannya,” pungkas Ade Yasin.

(fin/b/ram)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *