Bupati Bogor Lantik Pejabat Bappedalitbang

by -

METROPOLITANBupati Bogor, Nurhayanti, kemarin melantik sejumlah pegawai Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian Dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) di aula Bappedalitbang kemarin. Nurhayanti mengatakan, dari aspek fungsi baik Peraturan Bupati Nomor 71/2016 maupun Peraturan Bupati Nomor 69/2017, menyatakan bahwa Bappedalitbang masih melaksanakan fungsi penunjang penyelenggaraan urusan pemerintahan dibidang perencanaan serta penelitian dan pengembangan. “Tapi, yang membedakan, adanya perubahan nomenklatur jabatan pada bidang dan sub bidang pada Bappedalitbang yang berimplikasi terhadap perubahan tugas dan fungsi dari bidang dan sub bidang tersebut,” ujarnya kepada pewarta kemarin.

Hal itu mengarah pada arah kebijakan penataan perangkat daerah berdasarkan peraturan pemerintah Nomor 18/2016 dan Permendagri 5/2017 yang merupakan upaya membentuk organisasi perangkat daerah yang tepat fungsi dan tepat ukuran. “Khususnya, agar sesuai dengan ruang lingkup penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi wewenang daerah,” jelasnya.

Baca Juga  Serahkan 52 Peti Jenazah ke Satgas Covid-19, Askonas: Kalau Mau Berbagi Tidak Perlu Nunggu Dunia Usaha Normal

Sementara, pada penataan kelembagaan juga bertujuan agar Pemerintah Kabupaten Bogor dapat menetapkan kebijakan dan program inovatif untuk memajukan daerah dan meningkatkan kesejahteraan rakyat. “Sebagai perangkat daerah yang menjalankan fungsi penunjang perencanaan dan fungsi penunjang penelitian dan pengembangan, Bappedalitbang diharapkan menjadi sumber utama perencanaan pembangunan daerah yang berbasis pada hasil penelitian,” paparnya.

Selain itu, sambungnya diharapkan bisa proaktif dalam menjalin komunikasi dan koordinasi dengan semua pihak yang berkompeten untuk mendapatkan data yang akurat dan menyusun perencanaan pembangunan daerah yang komprehensif.

(*/yos/a/ram)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *