Bupati: Pokjanal Posyandu Harus Dorong Pemberdayaan Masyarakat

by -

METROPOLITAN – Bupati Sukabumi Marwan Hamami menyampaikan bahwa peran dan fungsi Kelompok Kerja Operasional Pos Pelayanan Terpadu (Pokjanal Posyandu) harus ditingkatkan, terlebih saat ini perubahan dan tantangan pembangunan semakin tinggi.
”Hari ini (kemarin, red) dikuatkan kembali peran dan fungsi mereka supaya bisa paham apa yang harus dikerjakan di lapangan, karena perubahan lingkungan yang menjadikan tantangan. Sehingga, mereka perlu dibekali untuk menjawab tantangan dan bisa menjawab harapan masyarakat,” ujar Marwan usai membuka rapat koordinasi Pokjanal Posyandu di Pendopo Sukabumi, Kamis (1/3).
Menurut Marwan, peran dan fungsi posyandu saat ini bukan hanya menangani Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi
(AKB) dan Angka Kematian Balita (Akaba). Tetapi harus bisa bersinergis dengan kondisi lingkungan saat ini. “Saya harap Pokjanal
ini bisa meningkatkan peran serta masyarakat untuk meningkatkan ekonomi kemandirian dalam sistem pemberdayaan masyarakat,”
harapnya.
Marwan menambahkan, Pokjanal ini harus di dorong oleh dinas yang memiliki peluang untuk mengoptimalkan pemberdayaan masyarakat, karena mereka dituntut keilmuannya harus meningkat, mengingat perkembangan teknologi. Disinggung masalah kejadian luar biasa (KLB)
yangterjadi di Kabupaten Sukabumi, Marwan menegaskan bahwa KLB harus segera ditanggulangi oleh perangkat daerah teknis. ”Dan
semuabiaya gratis, kalau pun adayang di bawa kerumah sakit dan tidak mampu maka Jamkesda dijalankan,” pungkasnya Kegiatan yang bertema membangun sinergitas kerja Pokjanal Posyandu dalam mewujudkan Posyandu mandiri guna percepatan penurunan AKI, AKB dan AKABA berbasis pemberdayaan masyarakat itu,dihadiri 100 orang yang terdiri dari perangkat daerah dan para ketua Pokjanal Posyandu kecamatan serta tamu undangan lainnya.

(mdh/ram/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *