Musrenbang 2019, Bupati Ajak Seluruh Masyarakat Terlibat Aktif

by -

SUKABUMI – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sukabumi, kemarin menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) penyusunan RKPD Kabupaten Sukabumi 2019. Hal itu dilakukan dalam rangka melaksanakan amanat Undang-undang No. 25/2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54/2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8/2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian, dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah.

 

Kegiatan yang mengusung tema pembangunan sumber daya manusia yang berdaya saing menuju Kabupaten Sukabumi yang lebih baik ini, diisi dengan beberapa kegiatan. Diantaranya kegiatan pentas seni tari tradisional dari padepokan seni Bidakara Ubrug. Selain itu juga dilaksananakan penandatanganan berita acara kesepakatan hasil musrenbang RKPD Kabupaten Sukabumi dan bincang-bincang bersama dengan menghadirkan narasumber muda yang sukses di bidang informasi teknologi. “Musrenbang merupakan tahapan dalam mekanisme penyusunan perencanaan pembangunan daerah yang penyelenggaraannya melibatkan para pelaku pembangunan yaitu pemerintahan, masyarakat, dunia usaha dan seluruh pemangku kepentingan lainnya,” kata Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami, dalam sambutannya.

 

Melalui musrenbang ini, menurut bupati semua pihak dituntut untuk mampu membuat perencanaan pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan masyarakat, rasional, tepat sasaran, efisien dan berdampak langsung pada kesejahteraan masyarakat. “Situasi, kondisi dan isu strategis yang berkembang di masyarakat Kabupaten Sukabumi saat ini perlu didukung dan ditingkatkan dalam rangka pencapaian visi terwujudnya Kabupaten Sukabumi yang religius dan mandiri,” terang Marwan.

 

Untuk menuju visi-misi itu, perlu dilakukan akselerasi terhadap empat misi berikutnya. Hal itu untuk meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat berbasis potensi ekonomi lokal melalui sektor agribisnis, pariwisata dan industri berwawasan lingkungan, mewujudkan sumberdaya manusia yang berdaya saing tinggi dan religius, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan profesional, serta optimalisasi pelayanan publik khususnya di bidang kesehatan, pendidikan dan infrastruktur daerah. “Agenda pembangunan 2019 tidak akan terlepas dari upaya pencapaian visi dan misi Kabupaten Sukabumi, sehingga program dan kegiatan pembangunan yang dirancang mampu menjawab persoalan yang saat ini kita hadapi. RKPD 2019 ini merupakan integrasi antara fokus pembangunan pada RPJMD tahun ketiga dengan tantangan dan peluang kedepan berkaitan dengan pembangunan di Kabupaten Sukabumi,” tandasnya.

 

Sementara itu, Kepala Bapeda Kabupaten Sukabumi, Hj. Teja Sumirat, menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya musrenbang ini adalah untuk mengakomodasi peran-peran segenap komponen masyarakat, sebagai media koordinasi, komunikasi dan konsultasi program pembangunan dengan fokus pada realisasi kebutuhan masyarakat secara nyata.

 

Sedangkan yang menjadi tujuannya adalah membahas, menilai dan menyepakati prioritas kegiatan pembangunan sesuai dengan renja SKPD/ Rencana Kerja Satuan Kerja Pemerintah Daerah yang telah dikompilasi dengan hasil musrenbang tingkat sebelumnya. Dengan harapan bisa menghasilkan konsesus, komitmen, kesepakatan dan kemitraan antara pemerintah dengan pelaku pembangunan, mewujudkan kualitas perencanaan perencanaan pembangunan dengan lebih meningkatkan kemampuan mengakomodir aspirasi masyarakat, memberdayakan masyarakat dan memberdayakan sumber daya lokal.

(ade/ram)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *