Tekan Angka Kelahiran, PLKB Gelar KB Gratis Tiap Bulan

by -

Cijeruk– Guna mengurangi angka kelahiran di Kecamatan Cijeruk, Pelayanan Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) menggelar pemasanga Iud dan Implan gratis. Untuk 2018, pelayanan KB secara gratis ini bakal digelar setiap bulan dengan target 50 peserta KB. Koordinator Lapangan Keluarga Berencana Kecamatan Cijeruk Iman Hilman memaparkan, pelayanan KB gratis ini digelar di dua desa tempat. Antara lain, Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Sukaharja dan Puskesmas Cijeruk.

“Ini kami lakukan untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Penggunaan Iud dan Implan bukan tanpa alasan, warga biasanya lebih memiliki untuk disuntik dan mengkonsumsi pil KB yang tak bertahan lama,” katanya. Sementara Iud dan Implan, lanjut dia, bisa bertahan hingga delapan tahun bahkan lebih. Kendati demikian, dirinya tidak memungkiri jika program layanan KB gratis ini juga untuk menekan angka kelahiran yang cukup tinggi di Wilayah Kecamatan Cijeruk.

“Menggelar ini kami dibantu langsung bidan puskesmas untuk mensosialisasikan program ini kepada masyarakat. Sehingga kami berharap, warga bisa ikut serta,” jelasnya lagi. Sementara itu, salah seorang peserta pelayanan KB gratis Rukoyah (32) mengaku senang dengan adanya program seperti ini. Selain gratis, warga juga mengetahui kelebihan dan kekurangan macam – macam program KB. “Sangat membantu, saya ikut karena memang sudah sepakat dengan suami untuk melakukan program KB terlebih dahulu,” tutupnya.

(nto/b/suf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *