Terlibat Pungli Jukir Dishub Diamankan Polisi

by -

METROPOLITAN – Polresta Bogor Kota mengamankan tiga orang juru parkir (jukir) yang diduga melakukan pungutan liar (pungli) pada Senin (12/3) sore. Ketiga jukir diamankan pada dua lokasi berbeda, yakni di depan Sekolah Yayasan BPK Penabur, Jalan Paledang dan Jalan Mayor Oking sekitar pintu Stasiun Bogor. Selain kedua orang tersebut. Petugas juga mengamankan seorang petugas Dinas Perhubungan Kota Bogor.

Kasubag Humas Polresta Bogor Kota, AKP Yuni Astuti mengatakan, pihaknya melakukan giat sapu bersih (saber) pungli oleh Satreskrim Polresta Bogor Kota, di dua tempat kejadian tersebut, Senin (12/3) lalu, sekitar pukul 15:00 WIB. “Kami mengamankan tiga orang pengutip uang parkir, yang diduga pungli, dengan modus operandi mengutip uang parkir dari masyarakat yang memarkirkan kendaraannya di bahu jalan, selanjutnya disetor ke petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor,” katanya kepada awak media, kemarin (13/3) siang.

Yuni menambahkan, identitas dari pengutip parkir yakni Yusuf Supiani (38), yang diamankan di depan sekolah BPK Penabur Jalan Paledang, dengan barang bukti uang hasil kutipan Rp140.000.

Baca Juga  Kepala Desa dan Staf Diciduk Tim Saber Pungli

“Jukir kedua bernama Lili Rusmidi (64), yang ditangkap di Jalan Mayor Oking, dengan barang bukti uang Rp100 ribu. Kemudian, koordinatornya, bernama Dikson atau Anton (49), dengan kolektor dari Dishub Kota Bogor bernama Iip. Saudara Dikson pun diamankan, untuk keterangan lebih lanjut. Total barang buktinya, sebesar Rp240 ribu,” imbuhnya,

Terpisah, Kepala Seksi (Kasie) Perparkiran pada Dishub Kota Bogor, Suratman membenarkan kabar orang-orang yang ditangkap Polresta Bogor Kota Senin (12/2) siang, merupakan anak buahnya. Dari ketiga orang yang ditangkap, dua diantaranya melakukan pungutan retribusi pada zona parkir yang sudah ditentukan. Dirinya pun mempertanyakan dasar penangkapan kedua anak buahnya tersebut.

“Mungkin saja ada kesalahpahaman, karena diduga tidak ada surat tugasnya. Sebenarnya kami tidak tahu dasar penangkapan yang dilakukan kepolisian itu apa. Kan untuk jukir yang di Jalan Mayor Oking komplit surat tugasnya. Itu kan memang zona parkir. Besok (hari ini, red), akan bertemui kepolisian,” katanya kepada Metropolitan, saat ditemui di kantor Dishub Kota Bogor, Jalan Tajur Kecamatan Bogor Selatan, kemarin (13/3).

Baca Juga  Perwira Polisi Sebut Ada Mega Korupsi di Pemkot Bogor

Mantan petinju nasional ini melanjutkan, jukir atas nama Dikson dan Lili merupakan jukir resmi dari Dishub Kota Bogor, yang memiliki surat tugas. Keduanya bertugas menjadi jukir di sepanjang Jalan Mayor Oking, sesuai dengan SK Wali Kota Bogor. “Saat ini, keduanya sudah bisa pulang dan tidak ditahan pihak kepolisian atas dugaan pungli. Koordinator parkir di Jalan Mayor Oking ya Dikson itu. Mereka (Kepolisian, red) meminta kami klarifikasi besok (hari ini, red),” ucapnya.

Suratman juga menambahkan, Dishub Kota Bogor tidak memiliki jukir bernama Yusuf Supiani, yang juga ditangkap tim saber Polresta Bogor Kota di Jalan Paledang, tepatnya di depan sekolah BPK Penabur. Apalagi, kata Suratman, pihaknya sudah menghapus Jalan Paledang dari zona parkir yang dimiliki Dishub Kota Bogor. “Disitu bukan kantong parkir, yang itu baru dipastikan sebagai kutipan liar. Tangkap saja itu mah. Tetapi kalau jukir kami tidak ada yang ditahan,” pungkasnya.

Baca Juga  Iwan Pelototi Pungli Di Sekolah

(ryn/dik/c)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *