15.251 Siswa SMP Ikuti UNBK

by -

METROPOLITAN – Sebanyak 15.251 siswa dari 124 SMP Negeri/Swasta dan Terbuka di Kota Bogor, mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun 2018. Para siswa ini akan mengikuti ujian disekolahnya masing-masing selama empat hari kedepan. Namun, bagi sekolah yang sarana dan prasarananya tidak ada, maka akan menumpang disekolah lain.

“Jumlah SMP yang numpang atau gabung server sebanyak 32, dan yang melaksanakan secara mandiri mencapai 92 sekolah, atau 74,2 persen,” ujar Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kota Bogor, Arni Suhaerani saat ditemui Metropolitan, kemarin.

Ia menjelaskan, hampir semua sekolah melaksanakan UNBK tingkat SMP ini dalam tiga sesi. Hal itu terjadi, akibat keterbatasan anggaran. Sehingga, sebagian sekolah menggunakan perangkat komputer yang ada di sekolahnya masing-masing.

Baca Juga  Kepsek di Puncak Senang UNBK Berjalan Mulus

“Kalau ujian di SMPN 10 dan 17 belum mandiri. Kedua sekolah itu masih menumpang di SMKN 4 dan SMAN 4 Kota Bogor,” bebernya.

Tapi, kata Arni, hal itu tidak jadi masalah. Terlebih, kendalanya selain belum memiliki cukup banyak komputer, jaringan internet sangat lambat di wilayah kedua sekolah tersebut.

Di tempat terpisah, Kepala SMPN 15 Kota Bogor, Endang Mina menjelaskan, mulai tahun ini sekolah tersebut akan melaksanakan UNBK secara mandiri. Tahun sebelumnya, para siswa Kelas IX masih mengikuti UNBK di SMKN 2.

“Alhamdulillah, 291 siswa kita akan melaksanakan UNBK secara mandiri. Walaupun dilaksanakan dalam tiga sesi,” ungkapnya.

Mengingat, tambah Endang, sekolah ini hanya mampu menyediakan tiga ruang ujian. Karena, sekolah hanya mendapat bantuan 20 unit komputer, bantuan orangtua siswa serta memperbaiki komputer yang ada di sekolah.

Baca Juga  SMKN 1 Kota Bogor Siap Gelar UNBK Maksimal

(tur/ar/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published.