Ajak Masyarakat Sungkeman hingga Gowes Bareng

by -

Festival Pancakarsa menjadi agenda rutin kampanye pasangan bupati dan wakil bupati Bogor Hj Ade Yasin-Iwan Setiawan (Hadist) yang paling ditunggu masyarakat setiap akhir pekan. Di minggu ini, fun campaign pasangan nomor urut dua ini akan mengajak masyarakat dalam kegiatan Karnaval Pancakarsa dengan upacara sungkeman dan gowes bareng.

Karnaval Pancakarsa digelar hari ini (28/4) di lapangan Perumahan Kartika Kecamatan Dramaga mulai pukul 07:00 WIB. Direktur Tim Pemenangan Pasangan Hadist Haries Setiawan mengatakan, sungkeman merupakan tradisi yang biasa dilakukan jelang Ramadan. Pasangan hadist ingin melestarikan tradisi yang hampir dilupakan ini. Sungkeman menjadi momentum membersihkan diri lewat bermaaf-maafan.

“Sebagai upaya melestarikan budaya dan mewujudkan Bogor Berkeadaban, pasangan Hadist akan menyelenggarakan kegiatan upacara sungkeman di Festival Pancakarsa ini. Kegiatan ini juga sekaligus untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadan,” kata Haris kepada Metropolitan.

Baca Juga  Ade-Iwan Disambut Takbir dari Pendukung

Sebelum acara sungkeman, masyarakat akan dihibur terlebih dulu dengan karnaval mobil hias dengan titik start di Pasar Dramaga pukul 07:00 WIB. Acara juga diisi dengan senam dua jari, pecah kendi, berebut koin hingga jajanan gratis.

Ke esokan harinya, (29/4), Festival Pancakarsa digelar di Kecamatan Parungpanjang dengan kegiatan utama Gowes Pancakarsa dengan titik start di Perumahan Sentral Land pukul 07:30 WIB. Haries pun mengajak seluruh komunitas sepeda dan masyarakat untuk ikut dalam aktivitas tersebut.

Menurut Haries, gowes bareng sengaja dipilih sebagai salah satu wujud dari program Bogor Sehat dan gerakan hemat energi yang diusung pasangan Hadist.

“Bersepeda tidak hanya menyehatkan badan, tetapi sudah menjadi gaya hidup. Bahkan di kota-kota besar, bersepeda menjadi alat transportasi alternatif menuju tempat aktivitas. Bersepeda juga bisa menekan angka kemacetan,” terang Haries.

Baca Juga  Komunitas Motor Parungpanjang Dukung Hadist

Selain gowes bareng, ada juga permainan tradisional hingga ngubek empang di Desa Cikuda dan di Desa Lumpang. Terakhir, pasangan Hadist akan menyaksikan pertandingan sepak bola antara Tim Hadist vs TKK Parungpanjang bersama Timnas Legend di Stadion Mini Cibeber.

(fin/dik/c/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.