Danau Menghilang, Bahkan Berubah Jadi Perumahan

by -

CISARUA – Danau di Wilayah kabupaten Bogor ternyata sudah banyak yang hilang,bahkan keberadaannya sudah ada yang menjadi perumahan.Padahal danau sangat diperlukan sebagai daerah tampungan air,untuk menghindari bencana alam banjir. Pemkab Bogor akan terus mengupayakan agar danau – danau yang ada terus lestari dan tidak sampai hilang,sehingga banyak upaya yang ditempuh agar tujuan itu terlaksana.

Hal itu diungkapkan Sekertaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bogor Anwar Anggana. Menurutkan, pihak provinsi hanya mencatat dan untuk perawatan menjadi kewenangan pusat. “Selama ini pihak provinsi hanya mencatat danau – danau,tanpa dibarengi dengan pembuatan sertifikat untuk danau tersebut,” ungkapnya.

Dia juga mengatakan, dari 95 danau yang ada di Kabupaten Bogor hanya tiga danau yang sudah disertifikatkan. Senada, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Gatot Widioko menyampaikan,sudah banyak danau yang hilang di wilayah Kabupaten Bogor. “Banyak penyebab hilangnya danau,kami akan terus mendata,berapa banyak danau yang hilang dan yang masih ada,” ujarnya. Upaya – upaya pelestarian, sambungnya, terus dilaksanakan. “Upaya pelestarian terus kami lakukan,agar danau yang ada tetap lestari,” tutup dia. 

Baca Juga  Vaksinasi Lansia Masih Rendah, Pemkab Bogor Belum Bisa Vaksin anak Usia 6-11 Tahun

(ash/b/suf)

Leave a Reply

Your email address will not be published.