Disdik Bogor Susun Teknis PPDB

by -

METROPOLITAN – Bertempat di Gedung Rapat Aula I Jalan Nyaman Pemda Cibinong. Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor mengadakan rapat penyusunan teknis program Penerimaan Perserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2018/2019.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor Yadi Mulyadi AR menjelaskan, rapat teknis melibatkan semua unsur pemangku kebijakan struktural dan kelembagaan daerah dimana PPDB tahun ajaran ini akan kembali memakai sistem pemetaan zonasi.

Secara teknis masih sama seperti tahun sebelumnya dengan mengacu kepada Permendikbud No 17 tahun 2017 tentang PPDB sistem zonasi,” kata Yadi.

Ia menjelaskan, tahun lalu memakai zona kewilayahan yang mencakup poin tingkat RT, desa dan kecamatan, tapi untuk tahun ini akan dilakukan penerapan secara radius atau dengan kata lain memakai jarak domisili perserta didik.

Baca Juga  Soal Guru Pensiun Diperpanjang, Ini Respons FGSI

Hanya saja untuk zona luar daerah dibatasi kuota sebesar 10 persen,” bebernya

Yadi mengungkapkan, hal tersebut masih bisa berubah lagi dikarenakan hingga saat ini Dinas Pendidikan masih melakukan pengkajian teknis bersama para stakeholder wilayah jika sistem sudah valid maka akan disosialisasikan langsung ke masyarakat melalui sekolah.

Dalam pelaksanaan PPDB nanti, kami akan membuat tim pengawas khusus dengan melibatkan stakeholder daerah,” ujarnya

Hal tersebut, tambah dia, dilakukan untuk menghidari adanya praktik menyimpang dalam pelaksanaan PPDB.

Kami berharap dengan adanya sistem PPDB zonasi akan mempermudah akses masyarakat untuk memperoleh sarana dan prasarana pendidikan di daerah,” tukasnya.

(*/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *