Disdik Salurkan Peralatan UNBK

by -

METROPOLITAN – Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor menganggarkan Rp53 miliar untuk pembelian 4.675 komputer, 208 stabiliser dan 208 server. Peralatan tersebut akan diserahkan ke 87 Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) yang menjalankan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada Selas (24/4).

Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (DPKAD) Kabupateb Bogor, Didi Kurnia menjelaskan Pemkab Bogor siap meningkatkan anggaran untuk memperbanyak penyelenggaraan UNBK di Bumi Tegar Beriman pada 2019. Sepanjang masuk dalam prioritas rencana Program Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) pasti akan disetujui dan Bupati Bogor termasuk DPKAD akan melihat pengajuan atau rencana strategis (Renstra) yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan .

“Pengadaan peralatan komputer, stabiliser dan server ini sudah selesai dilelang dan Insya Allah Kabupaten Bogor siap menjalani UNBK. Kita berharap semua siswa SMPN bisa melakasakan UNBK tanpa kendala alat,” ujar Didi.

Baca Juga  Takut Tepapar Covid, Orang Tua Murid Minta Anaknya Divaksin

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan TB Luthfie Syam menuturkan, bantuan peralatan komputer untuk UNKB tentu akan sangat membantu siswa. Karena itu dapat meningkatkan semangat anak didik sehingga dapat lulus ujian dengan nilai tinggi. Pada 2017, jumlah SMP yang mengikuti UNBK terdapat 165 sekolah. Pada 2018, terjadi penambahan 256 sekolah SMPN dan swasta sedangkan pada April ini. Jumlah SMPN dan swasta di Kabupaten Bogor yang akan mengikuti ujian mencapai 421 sekolah.

“Meningkatnya jumlah SMP yang menjalani UNBK karena Pemkab Bogor memberikan dana hibah sebesar Rp100 juta kepada 167 SMP Swasta untuk membeli peralatan komputer, membangun ruang kelas,”tukasnya.

(ads/dik/c)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *