Horee..Petani Jonggol Panen Raya

by -

JONGGOL – Petani di daerah Jonggol baru-baru ini menjalani panen raya. Beberapa tanaman yang dipanen yaitu padi, jagung, dan kedele. “Tujuan dari panen raya padi ini agar ada peningkatan produksi dan produktivitas tanaman padi teruntama untuk upaya khusus padi, jagung, kedele atau ‘upsus pajale’,” ujar Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Kabupaten Bogor Nurianty di lokasi panen raya Gapoktan Tawekal, Sukamanah, Jonggol.

Dengan panen raya, usaha-usaha pemberdayaan masyarakat di kabupaten juga dirasa bisa meningkat. Selain itu peningkatan daya saing dan produktivitas juga bisa mengikuti.

Untuk panen raya ini sendiri, pemerintah menyebut bisa mencapai sasaran produksi padi sebesar 545.413 ton atau 344.701.016 kg. Hasil panen ini diambil dari lahan sebesar 90.961 hektare.

Baca Juga  GALIAN BATU RUSAK SUNGAI CIPATUJAH

Bupati Kabupaten Bogor Nurhayanti pun menyambut baik panen raya ini. Panen raya merupakan bagian dari pelayanan publik pengembangan sektor pertanian di kabupaten yang perannya sangat penting dan strategis. “Tujuan dari program ini untuk mendorong diversifikasi pangan serta perbaikan mutu gizi masyarakat. Pengembangan pasar pun bisa dilakukan guna mendongkrak pendapatan dan kesejahteraan petani dan masyarakat,” ujarnya.

Program swasembada ‘upsus pajale’ merupakan program pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Hal ini juga menjadi perhatian serius bagi pemerintah Kabupaten Bogor karena peran pemerintah daerah sangat menentukan.

Adanya program swasembada ini disebut tidak hanya untuk sistem ketahanan pangan saja, tetapi juga sebagai penggerak roda perekonomian nasional. Keberhasilan program juga dikatakan bukan hanya akibat campur tangan pemerintah dan masyarakat tetapi juga dari seluruh pemangku kepentingan seperti TNI dan Polri serta stakeholder lainnya.

Baca Juga  Warga Kesal Desa Bojong Berdebu

Di tahun 2017 Kabupaten Bogor bekerja sama dengan Badan Informasi Geopasial guna pendataan lahan pertanian berkelanjutan. Hasilnya, Kabupaten Bogor memiliki potensi lahan sawah sebesar 47.265,94 hektare.

“Rinciannya luas sawah yang ditanami padi 37.301,62 hektare dan yang tidak ditanami padi ada 9.964,3 hektare. Produksi tahun 2017 sebesar 545.413 ton,” ujarnya.

(rci/sal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *