Ini Jalur Tol Mudik Gratis 2018

by -

METROPOLITAN – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, jalur Tol Batang-Semarang siap dilalui saat mudik Lebaran tahun ini. Jalur tol tersebut bakal digunakan sebagai tol fungsional karena pembangunannya belum terselesaikan semua.

Budi menjelaskan, ada 30 sampai 40 kilometer ruas jalan yang masih dalam tahap penyelesaian. Hasilnya hanya satu jalur yang bisa digunakan pemudik saat perayaan Lebaran nanti. “Yang Batang masih proses penyelesaian ya. Jadi nanti daerah Batang fungsional saja berfungsi sebagai tol,” kata Budi Karya di Shangri-La Sand Tegal, Jawa Tengah.

Karena belum bisa digunakan sepenuhnya, Budi mengatakan, masyarakat tidak dikenakan biaya satu persen pun ketika melewati jalur Tol Batang-Semarang. ‎”Tidak bayar tapi sudah ada jalan. Jadi Jakarta sampai Surabaya sudah ada jalannya,” tegas Budi.

Selain mempermudah pemudik dalam meraih akses tercepat untuk pulang kampung‎, lanjut Budi, pemerintah lewat Kementerian Perhubungan juga memberikan mudik gratis. Mudik gratis diberikan karena banyaknya kendaraan bermotor yang mengalami kecelakaan.

“Satu kita menyediakan mudik gratis banyak sekali. Angkutan bus masih memungkinkan, saya menganjurkan mereka menggunakan angkutan massal supaya mereka selamat. Karena tahun lalu banyak kendaraan motor yang mengalami kecelakaan. Jadi bagi kalian yang punya saudara, tolong kasih tahu mereka,” kata Budi.

Ia meminta masyarakat menggunakan angkutan umum saat mudik Lebaran 2018. Pemerintah pun gencar melakukan sosialisasi penggunaan angkutan umum untuk mudik Lebaran. “Saya datang ke sini untuk menyosialisasikan agar masyarakat tahu pesan mudik lakukan dengan angkutan umum. Jangan mudik menggunakan sepeda motor. Naik motor itu bahaya,” pesannya.

(feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *