Penataan PKL di Ciawi Belum Tuntas

by -

CIAWI – Kehadiran para pedagang kaki lima (PKL),selalu menjadi  Permasalahan classic tata ruang kota. Keberadaannya terkadang membuat para pemangku kebijakan geleng – geleng kepala.Bagaimana tidak,ruas jalan ataupun trotoar yang diperuntukkan bagi kendaraan atau bagi pejalan kaki,bisa berubah fungsi menjadi lapak bahkan pasar kaget.

Perlu kerja keras dan pendekatan yang maksimal untuk menertibkannya,namun diharapkan hal itu tidak merugikan siapapun.Yang dibutuhkan adalah sebuah solusi,bagaimana menempatkan PKL diruang jual yang layak.

Penertiban tersebut sudah digaungkan dan diimplementasikan oleh camat Ciawi Bambang setiawan sekitar setahun lalu,para PKL yang berada dijalur Puncak ditertibkan dan dipindahkan ke pasar Ciawi,sehingga pada saat itu pertigaan Ciawi sebagai gerbang kecamatan terlihat tertata dan berwibawa.

Baca Juga  PKL Masih Bertahan di Lokasi Bekas Longsor

Namun,nampaknya program penataan PKL dikawasan kecamatan Ciawi masih belum tuntas,saat ini para PKL malah menempati ruang disekitar masuk jalan tol jagorawi. Menurut Kepala seksi ketentraman dan ketertiban (kasi Trantib) Kecamatan Ciawi Sunarto,belum ditertibkannya para pedagang di sekitar itu karena alasan relokasi. “Tadinya mereka mau dipindahkan ke lahan milik jasa marga,tapi belum  diizinkan,sehingga mereka bertahan ditempat semula,” paparnya.

Dia juga mengatakan,mungkin jika sudah ada izin dilokasi jasa marga,mereka (para PKL – red) akan pindah. “Kalau memang sudah ada izin,sudah pasti mereka juga pindah,” jelasnya.

Masih banyaknya PKL yang mangkal disekitar pertigaan Ciawi,menghasilkan banyak komentar yang datang dari masyarakat,seperti yang diungkapkan Ahmad,warga pengendara asal Sukabumi,”Kadang kalau lagi macet kesel juga,tapi kadang kami juga butuh buat sekedar makan atau beli oleh – oleh buat orang rumah,” katanya.

Baca Juga  PAKAN BUATAN SENDIRI DILIRIK PETANI IKAN

(ash/b/suf)

Leave a Reply

Your email address will not be published.