Ajak Keluarga, Jadi Imam Tarawih di Masjid Kampung

by -

Selain dikenal sebagai calon wakil bupati Bogor 2018, Iwan Setiawan ternyata merupakan sosok yang sangat religius. Bahkan saat Ramadan tiba, lelaki yang berpasangan dengan Ade Yasin ini selalu mendapat jatah sebagai imam tarawih di masjid keluarga yang tak jauh dari kediamannya.

Iwan menceritakan, saat Ramadan ada tradisi khusus yang jarang dilewatkan bersama keluarga besarnya di Kampung Cipari, RT 01/03, Desa Leuwimalang, Kecamatan Cisarua. Salah satunya adalah tarawih bersama keluarga. Semua keluarga dan saudara berkumpul saat momen tersebut. “Ada beberapa tradisi seperti berziarah ke makam orang tua, mendoakan yang sudah mendahului kita. Yang kedua tarawih bareng bersama keluarga di kampung. Semua kumpul karena ada masjid dekat rumah,” tutur Iwan sebelum berangkat tarawih.

Menurut Iwan, tarawih bersama keluarga di masjid dekat rumah memiliki makna tersendiri. Sebab, masjid tersebut dibangun turun-temurun dari keluarga dan masyarakat sekitar. Terlebih, mantan pimpinan DPRD Kabupaten Bogor itu selalu mendapat jatah menjadi imam. “Jadi semua keluarga saya salat di sini, bahkan jadwal imamnya banyak yang ngisi dari keluarga termasuk saya. Biasanya saya atau adik saya ganti-gantian,” ungkapnya.

Meski demikian, Iwan mengaku waktunya di Ramadan kali ini akan lebih banyak dihabiskan di luar. Sebab, sebagai Ketua Partai Gerindra Kabupaten Bogor sekaligus calon wakil bupati Bogor 2018, dirinya harus terus menemui dan menghadiri undangan masyarakat. “Selama Ramadan kali ini memang akan disibukkan dengan kampanye dan menghadiri undangan masyarakat. Mungkin ke depan mulai buka puasa dan tarawihnya kebanyakan di wilayah-wilayah. Baru ada laporan dari tim kalau Ramadan ini banyak jadwal,” ujar Iwan.

Beruntung, keluarga Iwan sudah memahami posisinya saat ini. Bahkan, beberapa anggota keluarganya mengaku sesekali ingin ikut kegiatannya menemui masyarakat. “Efektifnya Senin, jadi masih ada tiga hari untuk puasa dan tarawih bersama keluarga. Tapi Alhamdulillah semua sudah paham dan malah selalu mendoakan agar diberi kelancaran,” pungkasnya.

(fin/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *