Kertajati Dibuka, Bandara Bandung Ditutup

by -

METROPOLITAN – Secara resmi Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Kabupaten Majelangka dibuka Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Peresmian itu ditandai pendaratan pesawat Indonesia 1 yang digunakan Jokowi, kemarin. Ini menjadi historical flight di Bandara Kertajati setelah pengerjaannya rampung. “Kita harapkan Bandara Kertajati ini bisa memberikan pelayanan kepada seluruh warga Jawa Barat dan seluruh masyarakat Indonesia,” kata Jokowi.

Dengan adanya bandara ini, Jokowi yakin akan menjadi titik pertumbuhan ekonomi baru di Jawa Barat. Selama ini, warga Jawa Barat hanya bisa dilayani melalui Bandara Husein Sastranegara Bandung dan Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta.

Tak hanya itu, Jokowi juga mengapresiasi Pemerintah Jawa Barat yang memfasilitasi skema pendanaan oleh swasta dalam pembangunannya. Ke depan, skema kerja sama dengan swasta inilah yang akan dikembangkan untuk pembangunan infrastruktur transportasi lainnya. “Model bisnis ini akan kita kembangkan di berbagai provinsi lainnya, sehingga percepatan pembangunan bisa dirasakan masyarakat,” ucapnya.

Untuk meningkatkan ekonomi Jawa Barat, Jokowi memastikan Bandara Kertajati ini akan terintegrasi dengan Pelabuhan Patimban. Tak hanya itu, bandara tersebut saat ini telah terhubung dengan jalur Tol Cipali. “Kita ingin Bandara Kertajati ini terintegrasi dengan Pelabuhan Patimban yang jaraknya kurang lebih 40 km, sehingga integrasi ini bisa memberikan kemudahan pelayanan fasilitas investor masuk. Dengan itu harapannya pertumbuhan ekonomi Jawa Barat bisa meningkat,” ujarnya.

Rencananya, Bandara Kertajati ini akan beroperasi perdana dengan melayani angkutan mudik Lebaran 2018. “Dan nantinya pada minggu ke-3 bulan Mei kita bisa soft opening. Upayakan saat penyelenggaraan mudik Lebaran sudah grand opening,” kata Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi.

Sementara di balik beroperasinya BIJB Kertajati, pemerintah rencananya akan menutup Bandara Husein Sastranegara Bandung untuk umum. Namun, penutupannya akan dilakukan perlahan. Rencana itu ditargetkan sebagai bentuk optimalisasi layanan penerbangan untuk masyarakat Jawa Barat baik untuk domestik maupun internasional. Hal ini merupakan salah satu wacana yang dikeluarkan pemerintah Provinsi Jawa Barat. “Husein harus tutup supaya full di sini,” kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Menurutnya, kebutuhan peralihan operasi pelayanan Bandara Husein ke BIJB sudah diperhitungkan. Kajian pun terus dilakukan saat ini. “Detail persoalannya dihitung, detail bisnis, pembiayaan dihitung,” ucapnya.

Aher menjelaskan, beroperasinya layanan komersial Bandara Kertajati untuk arus mudik dan haji serta umrah, merupakan adaptasi peralihan bagi Bandara Husein. “Ya bagaimana mentransisikan dua bandara ini atau mentransisikan dari Husein ke sini,” jelasnya.

Aher menambahkan, pemberlakuan rute penerbangan yang sebelumnya tidak berlaku di Bandara Husein, akan direalisasikan di Bandara Kertajati. “Menambah rute penerbangan di Husein sudah tidak mungkin lagi, rute lama perlahan akan dipindah ke sini, pasti di sini. Ada rute baru yang gak ada di Husein,” ujarnya.

Ia melanjutkan, jika tahun lalu PT Angkasa Pura II (Persero) mengoperasikan 13 bandara saat musim mudik, tahun ini perseroan akan menyiapkan dua bandara lagi yang bisa digunakan masyarakat untuk pulang ke kampung halaman.

Direktur Utama Angkasa Pura II Awaluddin mengatakan, dua bandara tersebut adalah Bandara Banyuwangi yang ditransisikan kepada AP II akhir 2017 lalu dan Bandara Kertajati yang resmi beroperasi mulai kemarin. “Tahun ini kami akan mengoperasikan 15 bandar udara yang sebelumnya pada tahun lalu berjumlah 13 bandar udara,” kata Awaluddin, belum lama ini.

Bandara Kertajati yang tadinya akan dioperasikan pertama untuk kegiatan haji ini pun dimajukan waktu operasinya, sehingga bisa digunakan sebagai angkutan lebaran. Ada sejumlah maskapai yang akan melakukan penerbangan ke Bandara Kertajati seperti Garuda, Citilink, dan Sriwijaya.

Kemudian untuk lebih mengoptimalkan penerbangan saat mudik nanti, AP II mengoperasikan beberapa bandara yang akan dibuka 24 jam yakni Bandara Soekarno Hatta, Halim Perdanakusuma hingga Kualanamu di Medan. “Dalam kegiatan angkutan Lebaran dengan kondisi dan situasi penerbangan tambahan atau extra flight, akan sangat memungkinkan terjadinya dinamika dalam jam operasi bandara,” tutupnya.

(mer/tib/det/rez/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *