Lahan Pertanian di Desa Bojong Mulai Menyusut

by -

KEMANG – Kecamatan Kemang salah satu wilayah yang masuk minapolitan, seperti Desa Bojong, Kecamatan Kemang, yang mayoritas penduduknya sebagai petani,  sangat disayangkan bila tanah yang subur berubah jadi perumahan, hal ini membuat terancamnya mata pencaharian masyarakat terutama warga tani.

Kondisi ini sudah terjadi di Desa Bojong, Kecamatan Kemang, pasalnya sudah ada beberapa lokasi sedang dalam pemerataan tanah dan pembangunan untuk dijadikan perumahan, tepatnya di Kampung Sawah.”Saya bingung kepada pemerintah kok mudah mengurus izin perumahan di wilayah kami, padahal ini lahan basah.” ungkap Umar (45) salah seorang petani kepada Metropolitan kemarin.

Kemudian dia meminta agar Pemkab Bogor mengkaji  dalam mengeluarkan izin.”Saya sering ikut penyeluhan di Kabupaten Bogor kaitan ketahanan pangan tetapi ironis dengan fakta di lapangan yang semakin menyempitnya areal pertanian,” tambahnya

Baca Juga  Benih Penentu Jadi Hasil Produksi Cabai

Sementara warga lain, Asep (39) menanggapi hal ini dirinya mengaku heran, lahan yang dulunya subur akan sayuran, sekarang berubah jadi beton. Menurutnya dalam itungan 10 tahun lagi sepertinya di Desa Bojong mulai tidak ada kebun.”Saya berharap kepada dinas terkait supaya tidak semudah itu memberikan perizinan. Lihat dulu lahan tersebut berpotensi menjadi ketahanan pangan untuk desa dan pereokonomian warga atau tidak,” tukasnya.

(dyn/b/sal)

Leave a Reply

Your email address will not be published.