Longsor Ratakan Rumah Warga di Desa Cisarua

by -

NANGGUNG – Curah hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, mengakibatkan longsor dan meratakan sebuah rumah milik warga di Kampung Ciparay, RT 03/ 10 serta fasilitas ibadah, yakni majlis talim yang terletak di Kampung Langkob, RT 03/05, Desa Cisarua.

Peristiwa tersebut terjadi pada pukul 20:30 WIB dan di taksir akibat benacana tersebut kerugian mencapai ratusan juta rupiah dan tidak ada korban.

“Kerusakan cukup berat akibat hujan deras dari pukul 17 :30 WIB sore, hingga pukul 20: 30 malam, sehingga menimbulkan bencana. Beruntung tidak ada korban jiwa,”jelas Sekretaris Desa Cisarua A.

Fahir, Sabtu (19/05/2018).

Ia menambahkan, dampak dari kejadian tersebut,  menyebabkan mati lampu selama 3 jam.

 Lalu Tembok Penahan Tebing (TPT) jebol sepanjang 13 meter serta Jalan Tanjakan Jangkar Jalur Jalan Kabupaten, mengalami retakan sepanjang 100 meter.

“Untungnya saat kejadian pemilik rumah langsung keluar dan bahan material longsoran menimpa halaman rumah, salah satu rumah milik warga yang berada dibawahnya. Hal ini sudah kami laporkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melalui Pemerintah Kecamatan Nanggung,” ujarnya.

Ia menjelaskan, rumah warga yang mengalami rusak parah atas nama Uan (55) dan salah satu sarana ibadah, yakni majlis ta’lim.  Atap bangunan serta genting bagian depan porak-poranda sehingga jatuh berantakan di sekitar pemukiman penduduk tersebut.

Salah seorang korban Uan berharap, pemerintah untuk segera merespon sehingga turap yang jebol yang tepatnya dekat permukiman warga bisa dibangun kembali. Untuk merapihkan serpihan akibat bencana, warga pun bergotong royong membersihkan material longsoran di lokasi tersebut.

“Saya dan keluarga keluar rumah sebab dikhawatir berakibat buruk bagi diri saya dan keluarga,” pungkasnya.

(khr/b/sal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *