Makan Ini agar Tubuh Fit selama Puasa

by -

METROPOLITAN – Ramadan sebentar lagi. Selama bulan puasa akan terjadi perubahan pola makan yang tadinya tiga kali sehari menjadi dua hari sekali. Kita pun harus menahan lapar dan dahaga selama 12 jam, yakni setelah sahur dan sebelum berbuka puasa.

Terkadang pola makan yang salah saat berbuka atau sahur membuat tubuh tidak fit. Hal itu bisa memunculkan gangguan kesehatan selama berpuasa. Lalu bagaimana caranya agar tubuh tetap fit selama bulan puasa?

Dokter spesialis gizi klinik yang juga melayani konsultasi lewat Halodoc, dr Jovita Amelia, menyebut kunci utamanya terletak pada pola makan saat sahur. Ia memaparkan porsi untuk sahur harus memenuhi 30 persen dari porsi makan harian. Sebagai contoh, seorang laki-laki dewasa memerlukan 2.000 kalori setiap harinya. Dari 2.000 kalori itu, untuk sahur mereka bisa memenuhi 200 hingga 300 kalori.

Jovita pun memberikan saran untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks saat sahur. Salah satunya nasi merah. Sebab, glukosa dari nasi merah sangat lambat dilepaskan menjadi energi sehingga Anda bisa kenyang lebih lama.

“Agar selalu fit selama puasa, jangan lupa sahur dengan makanan bergizi yang bisa menahan lapar panjang. Itu bisa didapat dari karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, oatmeal, gandum, ubi hingga singkong,” kata Jovita, kemarin.

Jovita melanjutkan, nasi merah sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bersama protein dan lemak yang baik. Ia memberikan beberapa contoh menu makanan untuk sahur, seperti nasi plus lauk hewani, contohnya semur daging, sayur tumis, ditambah buah, dua gelas air serta ditambah satu gelas susu low fat. Dia pun juga menyarankan untuk Anda tetap berolahraga selama bulan puasa. “Tetap bergerak, tetapi olahraga ringan. Misalnya jalan atau aerobic ringan, angkat beban yang ringan,” katanya.

(viv/yok/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *