Marhaban …yaa… Ramadhan

by -

Keutamaan yang lain dari bulan Ramadan ini, Allah telah memberikan kemudahan bagi hambanya untuk memperoleh jalan-jalan yang dapat mengangkat derajat seseorang dan meleburkan dosa-dosanya. Bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al Qur’an, dibukakannya pintu surga, ditutupnya pintu neraka, dibelenggunya setan sebagaimana yang Allah terangkan dalam hadits qudsi:

 “Setiap amalan anak Adam baginya sepuluh  kebaikan yang semisal dengannya kecuali puasa. Maka sesungguhnya puasa itu untukku dan aku yang akan memberinya pahala.” (HR. Bukhari)

Diterima hadits ini dari sahabat Salman RA, berkata :  telah memanggil kami Rosulullah SAW diakhir Sya’ban dan bersabda “ Wahai sekalian Manusia telah Nampak cahaya ramadhan kepada kalian satu bulan yang mulia penuh dengan keberkahan, satu bulan yang didalamnya terdapat 1 malam yang lebih baik dari 1000 bulan, bulan  yang telah Allah SWT jadikan puasanya menjadi Fardu, dan Qiyam/ibadah malamnya menjadi tathowwu’, barang siapa mendekatkan diri kepada Allah SWT didalam bulan itu walau dengan sedikit kebaikan maka akan diberikan pahala sama dengan mengerjakan amal fardu dibulan selainnya, dan barang siapa mengerjakan amal fardu didalamnya, maka akan diberikan pahala sama dengan mengerjakan 70 x amal fardu dibulan selainnya.

Bulan tersebut disebut juga bulan kesabaran, dan kesabaran pahalanya surga, bulan itu juga disebut bulan kebersamaan bulan yang didalamnya Allah akan tambahkan kebaikan rezeqi seorang mukmin. Barang siapa memberi makan berbuka kepada yang berpuasa maka akan diberikan ampunan atas segala dosa-dosanya dan Allah lepaskan dari siksa api neraka, juga bagi yang memberikan makanan untuk berbuka puasa pada yang berpuasa diberikan pahala sebesar pahala yang akan diberikan kepada yang berpuasa tanpa sedikitpun dikurangi pahalanya.

Kemudian para sahabat bertanya kepada Rasulullah SAW, wahai rasulullah SAW, tidak semua diantara kami bisa memberikan makanan untuk berbuka kepada yang berpuasa? kemudian rasulullan SAW bersabda “ Allah SWT akan meberikan pahala-pahala tersebut kepada orang-orang yang berkenan membrikan makan berbuka puasa meskipun hanya dengan sebutir kurma, atau hanya dengan seteguk air minum, akan segelas campuran susu.

ketahuilah bulan ini bulan yang awalnya dipenuhi dengan rahmat, pertengahannya dipenuhi dengan ampunan, dan akhirnya dipenuhi dengan pembebasan dari api neraka,  oleh karena itu, barang siapa diberi kemampuan untuk meringankan beban terhadap orang-orang yang menjadi tanggungannya maka Allah SWTakan anugerahkan ampunan baginya, dan yakin akan Allah bebaskan dari api neraka, amiiinnnn (HR. Muttafak alaih sesuai dengan criteria keshohihan menurut imam bukhori dan imam muslim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *