Mudik Lebaran, Truk dan Bus ‘Haram’ Melintas

by -

CIAWI – Kendaraan berat seperti bus dan truk, masih dilarang melintas jalur Puncak, Bogor, saat mudik Lebaran nanti. Hal ini sehubungan dengan masih adanya perbaikan tebing dan jalan yang longsor beberapa waktu lalu. “Saat ini masih ada perbaikan akibat diterjang longsor Februari lalu. Jadi, kendaraan berat sejenis bus hanya bisa mengantar sampai Taman Safari. Bus itu masih tidak boleh sampai ke Gunung Mas, apalagi melintas ke Cianjur,” ujar Kasat Lantas Polres Bogor Ajun Komisaris Polisi (AKP) Hasby Ristama, seusai bagi-bagi takjil Ramadan di simpang Gadog, Jalur Puncak, Bogor.

Hasby belum bisa memastikan sampai kapan peraturan ini diberlakukan. Sebab pihaknya hanya mengikuti prosedur dari proses pengerjaan perbaikan tebing dan jalan yang longsor. 

Baca Juga  Calon Kades Pandansari Kantongi Nomor Urut

“Kondisinya kan lagi perbaikan. Yang pasti, untuk bus ukuran besar atau kendaraan truk itu, masih belum boleh lewat hingga batas waktu yang belum bisa ditentukan,” katanya.

Pihaknya malah mendukung apabila aturan kendaraan berat dilarang melintasi jalur Puncak dilanjutkan meski perbaikan jalan sudah selesai.  “Sebab kita lihat angka kepadatan kendaraan selama beberapa bulan terakhir, khususnya pasca longsor di jalur Puncak, ternyata berkurang,” ucapnya.

Terkait persiapan arus mudik Lebaran, pihaknya lebih menyarankan kepada masyarakat agar tidak melintasi jalur Puncak. Selain macet dan masih dalam perbaikan longsor, jauh lebih efektif dan efisien jika mengambil jalur Transyogi-Jonggol-Tanjungsari-Kota Bunga-Cianjur.

“Bagi pengendara asal Bogor atau Jakarta yang hendak mudik ke Cianjur atau Bandung yang biasa melalui jalur Puncak, sebaiknya lewat Transyogi,” ujarnya. Dalam waktu dekat pihaknya  akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor untuk melakukan pengecekan jalur serta memperbaiki rambu-rambu. 

“Khususnya penerangan jalan umum di jalur Transyogi sangat minim, karena jalur ini sebagai jalur alternatif menuju Puncak, Cianjur,” tandasnya.

Baca Juga  Dishub Kerahkan Bus Uncal hingga Bus Listrik, Efektif Bantu Mobilisasi Warga Bogor Menuju Sentra Vaksin

(sin/suf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *