Panwaslu Berangus APK Liar

by -

CIJERUK – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Cijeruk menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) seluruh pasangan calon yang tidak sesuai tata tertib. Seperti pemasangan APK di pohon dan tiang listrik. Penyisiran APK yang melanggar aturan tersebut dilakukan dari Desa Palasari hingga Desa Cijeruk yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Cigombong.

Ketua Panwaslu Cijeruk Tresna Samudra memaparkan, kegiatan penertiban APK yang menyalahi aturan sudah sesuai surat edaran yang diberikan Panwaslu Jabar jelang pilkada serentak. “Penertiban secara rutin akan kami lakukan, kami membidik APK yang melanggar aturan dan tidak sesuai aturan KPU,” bebernya.

Tak hanya tata letak, lanjut Tresna, desain yang tidak sesuai juga ikut diberedel. Seperti mencantumkan nama relawan namun tak terdaftar di KPU akan ikut ditertibkan. Sementara tiu, keberadaan APK yang sesuai aturan dalam keadaan rusak tidak akan ikut ditertibkan. Panwaslu baru akan bertindak setelah mendapatkan laporan dari warga dan tim sukses calon yang bersangkutan.

Selama belum ada yang melapor terkait kerusakan tersebut, kami akan biarkan saja. Maka saya berharap para simpatisan atau tim sukses calon menaati peraturan dan tata tertib yang sudah ditentukan,” jelasnya.

Terpisah, salah seorang warga Tajurhalang, Kecamatan Cijeruk, Ujang Jaya (36), mendukung tindakan yang dilakukan Panwaslu. Menurutnya, keberadaan APK yang tidak sesuai aturan merusak pemandangan. Bahkan tak jarang keberadaan atribut tersebut membahayakan warga. “Biasanya yang memasang itu tidak mengetahui aturan karena hanya kuli suruhan. Bahkan, fasilitas umum juga menjadi ajang pemasangan atribut,” tegasnya. Karena itu Ujang meminta Panwaslu tidak menunggu laporan dari warga terkait keberadaan APK liar.

(nto/b/suf/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *