Pelaksanaan PAT Berjalan Lancar

by -

CISARUA – Pelaksanaan Penilaian Akhir Pelajaran (PAT) jenjang SD tahun akademik 2017/2018 di Kecamatan Cisarua terselenggara lancar. Ketua K3S SD Kecamatan Cisarua, Jajang mengungkapkan, momen Ramadan tidak membuat semangat peserta didik kendur.

Selain tingkat kehadiran mencapai 99 persen, para peserta tetap konsentrasi, fokus dan percaya diri dalam mengerjakan soal PAT. “Pelaksanaan PAT diikuti 10 ribu murid kelas 1-5 SD di Cisarua. Untuk penyelenggaraannya 21-26 Mei 2018,” ujar Jajang.

Dijelaskan, PAT dilaksanakan di sekolah masing masing, sementara materi soal merupakan hasil telaah guru mata pelajaran. PAT sendiri, lanjut Jajang, merupakan penilaian untuk menentukan kenaikan kelas, atau sebelumnha disebut UKK (Ujian Kenaikan Kelas).

Untuk materi soal yang diujikan, setiap sekolah berbeda tergantung kurikulum yang diterapkan di masing-masing sekolah. Yakni Kurikulum 2013 dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). “Dengan dua kurikulum berbeda, materi soalnyapun tentunya berbeda,” ujarnya.

Jajang pun menjelaskan ada perbedaan mendasar dalam soal bagi siswa yang masih menggunakan KTSP dan yang sudah menerapkan Kurtilas. Untuk KTPS peran guru masih dominan, sementara Kurtilas peran siswa yang cukup banyak, sehingga soal yang diberikan juga berbeda.

“Penyelenggaraan PAT bersumber dari dan BOS,” papar kepala SDN Cisarua 04 itu.

Sementara Setiawati, Kepala SDN Sukamaju di Kecamatan Megamendung mengungkap, PAT melibatkan 363 murid kelas 1-5. Untuk PAT terbagi menjadi tiga jadwal sesuai kelas dan kurikulum yang diterapkan.

“Sampai hari kedua (kemarin), tidak ada peserta didik yang absen,” ucapnya Dijelaskan, PAT dilaksanakan di sekolah masing masing, sementara materi soal merupakan hasil telaah guru mata pelajaran. PAT sendiri, lanjut Jajang, merupakan penilaian untuk menentukan kenaikan kelas, atau sebelumnha disebut Ujian Kenaikan Kelas (UKK). Untuk materi soal yang diujikan, setiap sekolah berbeda tergantung kurikulum yang diterapkan di masing-masing sekolah. Yakni Kurikulum 2013 dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). “Dengan dua kurikulum berbeda, materi soalnyapun tentunya berbeda,” ujarnya.

(ash/b/suf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *