Pengusaha Nakal Asyik Buang Limbah Sembarangan

by -

CILEUNGSI – Wilayah Timur Kabupaten Bogor yang menjadi pusat industri tentu sebuah kemajuan suatu wilayah. Tetapi sayangnya kegiatan industri tersebut berdampak pula kepada lingkungan. Di mana banyak ditemukan pengusaha nakal yang diduga membuang sisa hasil produksi ataupun limbah B3 berbahaya sembarangan. Mirisnya, penegak perda dan penegak hukum Kabupaten Bogor hanya diam seperti tak ada nyali ketika berhadapan dengan para pengusaha.

Aktivis Lingkungan Hidup yang juga Ketua Ormas DPC Fornas Bhinneka Tunggal Ika Kabupaten Bogor Jhonsen Alan menyayangkan betapa lambannya aparat menindak tegas pengusaha nakal.

Harusnya pengusaha seperti itu ditindak dinas sesuai hukum yang berlaku. “Pengusaha nakal jika diberikan peringatan tidak mendengar, harus ditutup itu perusahaan,” pintanya.

Baca Juga  Kronologi Oknum Satpol PP Halangi Mobil Ambulans Saat Bawa Pasien, Ngotot Tak Beri Jalan

Jhonsen pun meminta aparat tegas dan jangan seperti macan ompong. Dusta jika aparat tidak mengetahui masalah tersebut. Aparat harus berpihak kepada masyarakat yang dirugikan, bukan ke pengusaha yang merusak lingkungan dengan pencemaran udara, air dan darat. “Aparat harus tegas, jangan seperti macan ompong. Aparat penegak hukum itu harus bertindak, bukan membiarkan pengusaha nakal,” ujarnya.

Selain itu, sambungnya, yang lebih disesalkan ringannya hukuman untuk pengusaha atau perusahaan nakal yang melakukan hal itu. ”Jadi saya rasa coba ditinjau kembali UU PPLH untuk tindakannya atau hukumannya lebih berat agar dapat memberikan efek jera kepada oknum pengusaha nakal tersebut,” pungkasnya.

(tri/b/sal/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.