Tarif Tol Jakarta-Surabaya Rp344 Ribu

by -

METROPOLITAN – Jalan Tol Jakarta-Surabaya dipastikan bakal difungsikan untuk mudik Lebaran. Bagi Anda yang akan mudik menggunakan kendaraan pribadi, pastikan saldo uang elektronik Anda cukup bila hendak melintasi jalan tol. Sebab, saldo yang dibutuhkan sekitar Rp344 ribu bila mudik dengan titik awal Jakarta hingga akhir, Surabaya. Besaran angka ini hanya untuk membayar tol dengan status operasional.

Berdasarkan data resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Rabu (16/5/2018), tarif jalan tol untuk kendaraan golongan I di Pulau Jawa dari Jakarta hingga Surabaya adalah Rp344 ribu. Tarif ini terdiri dari rute Jakarta-Semarang Rp173 ribu dan Semarang-Surabaya Rp171 ribu.

Untuk ruas Jakarta-Semarang, ruas yang bisa dilalui secara gratis adalah ruas Pejagan Pemalang seksi Brebes Timur-Pemalang yang saat ini masih menunggu proses uji laik fungsi, kemudian ruas Tol Pemalang-Batang dan Batang-Semarang. Sedangkan pada ruas Semarang-Surabaya, ruas yang bisa dilalui secara gratis adalah ruas Solo-Ngawi seksi Kertosuro-Sragen yang juga masih menunggu uji laik fungsi.

Sementara itu, dengan tersambungnya jalan Tol Jakarta-Surabaya, PT Pertamina bakal melakukan langkah antisipasi lebih awal.

Baca Juga  Guru SD Jadi Gurandil

Menurut Direktur Logistik Supply Chain dan Infrastruktur Pertamina Gandhi Sriwidodo, tol tersebut diprediksi bisa menjadi jalur favorit pemudik. “Sehingga, Pertamina mengantisipasi jauh-jauh hari. Kalau dulu dua minggu sebelum dan dua minggu sesudah Lebaran. Sekarang diperpanjang jadi tiga minggu sebelum dan tiga minggu setelah Lebaran,” kata Gandhi.

Di satu sisi, selain memastikan ketersediaan produk Pertamax cs, Pertamina juga berkomitmen tetap menyediakan Premium dan Solar bagi masyarakat yang masih membutuhkan. Upaya itu, jelasnya, sejalan dengan program Pertamina untuk melayani. “Sebagai BUMN, Pertamina memiliki kewajiban dan tanggung jawab melayani kebutuhan masyarakat akan BBM. Selama satgas Lebaran, kami akan mengawal ketersediaan dan ketercukupan BBM,” tandasnya.

Baca Juga  Anomali Coffee Gagas Suatu Gerakan Yang Bertajuk ‘Ceritain Kopi Indonesia‘

(*/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *