Ukir Prestasi, Bupati Sukabumi Terima Penghargaan

by -

Diakhir penutupan Compact Indonesia di Grand Ballroom, Hotel Ayana Midplaza, Jln. Jend. Sudirman Jakarta, Selasa (8/05) lalu, Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menerima penghargaan. Ada tiga kepala daerah yang mendapat penghargaan tersebut. Yaitu bupati Sukabumi, bupati Mamuju dan bupati Lombok Tengah.

Ketiga kepala daerah ini dianggap memiliki komitmen membangun organisasi berstandar tinggi dan menjalankan perbaikan kelembagaan yang berkelanjutan. Sehingga dalam salah satu program Compact Indonesia yaitu modernisasi barang dan jasa, menjadi pusat unggulan (center of excellence) pada unit kerja pengadaan barang/jasa yang masuk. “Bukan hanya sekedar mengejar prestasi saja, tetapi yang paling penting adalah bagaimana kita dapat terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terutama di bidang pelayanan barang dan jasa,” kata bupati melalui siaran pers humas Pemkab Sukabumi.

Baca Juga  PAW, Kursi DPRD Papang Diambil Alih Dewi Sulastri

Menurutnya, program Compact Indonesia menjalankan tiga program yaitu modernisasi pengadaan, pencegahan stunting dan pembangunan hijau. “Sebetulnya ke tiga program Compact Indonesia sudah dijalankan di Kabupaten Sukabumi. Seperti kemarin saja penanggulangan stunting kita telah memberikan Fe sebanyak 100.328 kepada remaja putri se- Kabupaten Sukabumi,” jelasnya.

Program Compact Indonesia merupakan program kerja sama antara Millenium Challenge Corporation (MCC) dan Pemerintah Indonesia dalam mengembangkan potensi dan ekonomi masyarakat Indonesia yang berlangsung selama lima tahun.

Penutupan kerja sama Indonesia dan MCC resmi berakhir pada 2 April tahun ini. Proyek ini memfokuskan pada tiga sektor yaitu meningkatkan efisiensi, efektivitas pengadaan, dan mengkatalisasi pertumbuhan hijau serta promosi gizi yang lebih baik untuk Indonesia.

Baca Juga  2 Bulan 56 Bencana Hantam Kota Sukabumi

Wakil Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Erin McKee menyampaikan selamat atas program Compact Indonesa yang sudah selesai. “Kemitraan strategis AS sejalan dengan fokus Indonesia termasuk dalam bidang ekonomi dan kesejahteraan. Prioritas Compact Indonesia terletak pada pertumbuhan ekonomi, pencehahan stunting pada anak, dan pencegahan kemiskinan,” kata McKee pada acara penutupan MCC – Indonesia Compact.

Sementara itu, Wakil Presiden dan Sekretaris untuk Dewan MCC Jeanne M. Hauch mengatakan, kemajuan presentase keberhasilan compact akan terus berjalan. Sehubungan dengan berakhirnya MCC di Indonesia, AS dan MCC berharap manfaat yang diberikan tidak hanya berpengaruh saat ini namun ke beberapa dekade ke depan. Program ini dibuat untuk Indonesia. MCC juga bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan ternama seperti Nestle dan Unilever.

Baca Juga  Hibah Mobile Lab PCR Cuma Buat Kota Bogor, Menristek : Rajin-Rajin Pastikan Stok Reagen

Di tempat yang sama, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro, menyampaikan ucapan terimakasih atas program yang telah dilaksanakan sehingga dapatĀ  mengangkat isu-isu yang terjadi di Indonesia. Juga dapat membantu Indonesia mengolah sumber daya alam secara terpadu dan efektif.

(hep/ram)

Leave a Reply

Your email address will not be published.