Warga Bantaran Rel Dapat Pengobatan Gratis

by -

CIGOMBONG – PT Kereta Api Indonesia(KAI) Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat di Kecamatan Cigombong dan Cijeruk, kemarin.

Pelayanan kesehatan gratis ini menggunakan kereta kesehatan atau Rail Clinic yaitu kereta generasi ke -4. Dimana satu rangkaian terdiri dari dua unit kereta kesehatan dan dua unit kereta perpustakaan (Rail Library). Pelayanan kesehatan gratis tersebut berupa pemeriksaan mata, gigi, diabetes, hipertensi, TBC, diare, serta HIV/AIDS. Tak hanya itu, pihaknya juga memberikan ratusan paket sembako kepada masyarakat.

Vice President PT KAI Daop 1 Jakarta Dadan Rudiansyah mengatakan, selain memberikan pelayanan kesehatan gratis dan perpustakaan, kali ini kegiatan diisi dengan pemberian kacamata gratis kepada 42 anak sekolah dasar, bagi warga yang dilintasi kereta Bogor-Sukabumi. “Kami bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Bogor. Sebelumnya kami data dan melakukan pendaftaran kepada masyarakat yang akan kami berikan pelayanan gratis ini,” bebernya. Dia menambahkan, pembuatan Rail Clinic ini untuk memberikan pelayanan lebih kepada masyarakat, khususnya di bidang kesehatan.

Baca Juga  Gelar Pra-Musrenbang Dibanjiri Usulan Infrastruktur

Kami berharap kerja sama dengan BUMB atau lembaga lainya untuk memberikan pelayanan kesehatan di daerah yang jauh dari fasilitas kesehatan, namun dapat dijangkau oleh kereta api.

Sehingga kegiatan ini mampu mampu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan dan saya meminta agar aset-aset milik KAI ini dapat dijaga oleh masyarakat,” katanya lagi. Di tempat yang sama, salah seorang warga Kampung Gembrong, Desa Ciadeg Astuti (43) mengaku senang dengan adanya layanan kesehatan gratis tersebut. “Saya memeriksakan kesehatan mata. Mudah mudahan pelayanan gratis ini bisa lebih ditingkatkan,” tutupnya.

(nto/b/suf)

Leave a Reply

Your email address will not be published.