Bulan Puasa, Pedagang Kurma Kebanjiran Rezeki

by -

METROPOLITAN – Penjualan kurma di bulan ramadan semakin meningkat, buah Asal Timur Tengah ini selalu membanjiri pasar saat bulan ramadan. Seperti di kawasan Empang Boor, yang identik dengan oleh oleh khas Arab yang pasti menjual berbagai jenis kurma.

Akunting PT Marawis Almadinah Raya, Zaid Umar menuturkan, omset yang cukup tinggi hadir di penjualan kurma selama bulan ramadan ini. Penjualan kurma di bulan ramadan mengalami kenaikan hingga 75% dari biasanya. Bahkan bisa mencapai Rp30 juta perharinya. “Kenaikan dari bulan April ke Mei bisa sampai 75%. Dengan omset yang memang cukup menggiurkan bagi penjualan kurma ini. Kebanyakan di kita pada beli kurmanya per dus dan per kilo. Jadi memang omset yang masuk pun banyak,” ujarnya kepada Metropolitan.

Kurma yang disediakan pun cukup beragam, diantaranya kurma halas dengan harga Rp50 ribu per kilo, kurma dabas dengan harga Rp50 ribu per kilo, kurma rabe dengan harga Rp80 ribu per kilo, kurma ajwa dengan harga Rp.300 ribu per kilo dan beberapa jenis kurma lainnya. “Kita jual beberapa jenis kurma, dan kurma yang paling banyak dicari kurma madu sama kurma tunis tangkai,” kata dia.

Kurma memang masih menjadi buah khas yang selalu dicari masyarakat saat bulan ramadan. Kenaikan penjualan kurma pun bukan hanya bulan ramadan, di bulan haji pun selalu mengalami kenaikan. “Jadi kalau penjualan kurma pasti naik setiap bulan ramadan sama bulan haji. Nanti di habis lebaran akan turun penjualannua sampe 25%,” ungkap Zaid Umar. (cr1/b/mam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *