19 Tol Ditutup Selama Asian Games

by -

METROPOLITAN – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan rekayasa lalu lintas demi kelancaran Asian Games 2018. Selain melakukan perluasan di kawasan ganjil-genap, 19 pintu tol juga akan terdampak Asian Games. “Kalau 40 (pintu tol, red), tidak sampai lah, hanya 19,” kata Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono.

Bambang menilai rekayasa lalu lintas di ruas jalan tol perlu dilakukan demi kelancaran Asian Games. Di samping itu, pengaturan tersebut diperlukan untuk mengalihkan masyarakat pengguna kendaraan pribadi ke angkutan umum. “Ini kan demi nasional. Karena itu, pemerintah kasih solusi tersebut,” imbuhnya.

Bambang menegaskan penutupan pintu tol tersebut tidak dilakukan permanen. Penutupan pintu tol dilakukan pada waktu-waktu tertentu, terutama saat rombongan atlet dan ofisial melintas ke venue. “Akan ada buka-tutup, ada waktu-waktu tertentu saat rombongan lewat,” lanjutnya.

Baca Juga  Jalan Pajajaran Bogor bakal Punya Jalur Khusus Sepeda

Ia mengatakan, buka-tutup di pintu tol tersebut nantinya akan diatur pihak kepolisian dan sudah mulai diuji coba. “Sudah diuji coba kok, berlangsung mulai sekarang,” tutupnya.

Sementara itu, Kota Bogor terpilih sebagai salah satu kota yang akan dilalui obor Asian Games. Rencananya, arak-arakan obor Asian Games tiba pada 14 Agustus 2018 dan akan langsung dibawa menuju Istana Bogor.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat mengatakan, rute arak-arakan obor Asian Games dimulai dari Museum PETA mengelilingi jalur Sistem Satu Arah (SSA), Tugu Kujang, Mal BTM, balai kota dan masuk pintu utama Istana Kepresidenan Bogor. “Direncanakan saat di Istana, obor akan diserahkan pelari yang selanjutnya diterima pihak Istana,” ujar Ade, kemarin.

Baca Juga  Penumpang Bus Terminal Baranangsiang Membludak Pasca Larangan Mudik

Ade menambahkan, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto dipastikan menjadi pembawa obor Asian Games didampingi 20 pelari lainnya. Selama arak-arakan, sekitar 15.000 pelajar se-Kota Bogor bakal ikut menyambut perhelatan tersebut. “Ini merupakan hajat nasional yang akan dilihat masyarakat internasional. Untuk itu semaksimal mungkin kita suguhkan yang terbaik,” tuturnya.

Bima Arya memastikan persiapan Stadion Pajajaran yang didapuk sebagai tempat latihan peserta Asian Games cabang olahraga sepak bola. Hingga kini, persiapannya mencapai 95 persen. Bima meminta seluruh sarana dan prasarana yang belum selesai segera diselesaikan sebelum pelaksanaan ajang olahraga terbesar se-Asia itu digelar di Jakarta dan Palembang.

“Lapangan sudah siap digunakan, tiang gawang dua hari lagi akan terpasang, kamar ganti sudah oke. Tinggal finishing touch saja agar nyaman, termasuk merapikan sudut-sudut lapangan,” sebut Bima. (dtk/tib/els/run)

Baca Juga  Otak Pembunuh Sadis juga Rampok di Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published.