Aphelion,Penyebab Suhu Puncak Bikin Menggigil

by -

CISARUA – Fenomena alam Aphelion yaitu dimana jarak bumi dengan matahari mencapai titik terjauhnya sekitar 152.600. 000 kilometer,terjadi kemarin. Akibatnya suhu udara di kawasan Puncak yang memang sudah dingin,semakin membuat menggigil. Kejadian tersebut jarang sekali disadari oleh masyarakat,sehingga terlewat begitu saja,padahal jika di perhatikan secara seksama,bentuk matahari akan terlihat lebih kecil dari biasanya,dan hal tersebut memang jarang terjadi.

“Pantas saja dari kemarin udara sangat dingin,saya kira hanya pengaruh musim kemarau saja,” ungkap warga Cisarua,Usman (43). Selain udara yang dingin, lanjutnya,air juga terasa begitu dingin.”Saya biasanya mandi jam 5 pagi,tapi untuk pagi tadi,sangat tidak berani,” tuturnya.

Hal serupa juga dikatakan Warga Cisarua lainnya,Ahmad. Dia mengaku cukup kedinginan,meskipun hari sudah siang. “Biasanya jam – jam sekitar 11:00 WIB saya kepanasan,tapi hari ini dari pagi tidak lepas jaket,” paparnya. Warga Cisarua yang terbiasa dengan udara dingin,pada hari kemarin cukup merasakan udara ekstra dingin.Para pelancong dari Jakarta yang sehari – hari terbiasa pada udara panas,ternyata cukup kerepotan dengan fenomena alam tersebut. “Ampuun,ini sangat dingin,saya sampai menggigil,padahal sudah pakai baju dua lapis,trus pake sweater,tetap saja dingin terasa menusuk – nusuk tulang,” ucap Kartika (25), wisatawan asal Jakarta,yang ditemui di wisata kebun teh, Gunung mas.(ash/b/suf).

Baca Juga  UPT Pengairan Pasang Papan Larangan Buang Sampah ke Sungai

DINGIN : Suhu yang sangat dingin di kawasan Puncak Bogor yang terjadi kemarin ternyata bukan tanpa alasan. Matahari tengah berada di jarak terjauh dari bumi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.