Bappeda Perbaharui Orientasi Pokja AMPL

by -

METROPOLITAN – Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sukabumi melakukan rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral di aula Bappeda, Jalan Jajaway Palabuhan­ratu, belum lama ini. Rakor tersebut digelar dalam sinkronisasi program pembangunan air minum dan penyehatan ling­kungan.

Kegiatan itu dilaksanakan untuk menguatkan komitmen dan memper­tegas orientasi tugas kelompok kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) dengan menyampaikan urai­an tugas yang harus dijalankan pokja tersebut di bawah koordinator ke­pala Bappeda selaku ketua AMPL. Sebelumnya pelaksanaan tugas pok­ja AMPL lebih bersifat voluntarisme/kepedulian, sehingga cara kerjanya terkesan tidak terstruktur. Tapi semen­jak adanya program pamsimas dan program sanitasi yang berbasis ma­syarakat sebagai program prioritas nasional dalam RPJMN, berkonseku­ensi pokja AMPL ini perlu disegarkan dan dikuatkan kembali orientasi tugas dan strateginya sehingga lebih ter­struktur.

Sekretaris Bappeda Asep MT men­gatakan, sesuai hasil rakornas di Bali pada 2013/2014, telah merumuskan bahwa sebaiknya kepala Bappeda ditunjuk selaku ketua pokja karena dianggap Bappeda bisa menciptakan keterpaduan kebijakan atau program lintas sektoral karena fungsinya seba­gai koodinator. ”Namun di sini dalam pelaksanaan tugasnya, pokja AMPL dalam bekerja bersifat kolektif kole­gial saja. Karena sistemnya berbagi peran. Saat ini pokja AMPL ini sudah ada tim dan SK-nya, untuk itu rakor kali ini hanya penegasan dan pemba­gian peran tugas pokok dan fungsi saja,” ujarnya. (hep/ade/ram/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *